Promosi Destinasi Wisata Teka Tambora Dihelat

Rangkian Festival Pesona Tambora tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar kegiatan "TekaTambora", sebuah kegiatan jelajah alam untuk mempromosikan destinasi pariwisata yang berada di kawasan gunung Tambora dan sekitarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Drs. Dahlan Selasa (2/4) mengatakan bahwa kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama 5 hari dari Sabtu 6 April sampai dengan Rabu 10 April 2019.              

Dikatakan Dahlan rangkaian kegiatan Teka Tambora tahun ini dimulai dengan pelepasan peserta secara simbolis oleh Bupati Bima dengan titik Museum Asi Mbojo menuju Desa Kawinda Toi dan spot yang telah ditentukan.  "Rute perjalanan melalui jalur Utara Padang savana makam kuno, Oi Tampuro  menuju Kawinda Toi". Jelas Dahlan.                 

Selanjutnya Minggu (7/4) Dilakukan acara pembukaan (opening ceremony) di desa Kawinda Toi sekaligus pemaparan materi konservasi dari Balai Taman Nasional Gunung Tambora dan materi terkait seperti mountainering, strategi pemasaran wisata dan dilanjutkan dengan pemutaran film  pada malam harinya.         

Disamping itu, selama dua hari berikutnya yaitu Senin (8/4) dan Selasa (9/4) diperkirakan 100 peserta pendakian akan dilepas melalui Gerbang Oi Marai menuju puncak Gunung Tambora. "SetelahTiba di puncak Gunung Tambora,  dilakukan pengibaran dan upacara bendera di  untuk kemudian kembali ke pos 4". Kata Dahlan.        

Seluruh peserta kembali dari Pos 4 ke Gerbang pendakian Rabu (10/4) untuk selanjutnya dilakukan penyambutan yang dilanjutkan dengan pentas seni budaya Bima, lomba mewarnai dan hiburan. Panitia juga merencanakan untuk mengundang Gubernur NTB yang diharapkan dapat memaparkan materi tentang "Zero Waste".           

Peserta juga akan  menikmati 1.000 gelas kopi Tambora, pameran ekonomi kreatif dan doa yang dilanjutkan kegiatan malam keakraban pada malam harinya serta akan kembali ke Bima Kamis (11/4).  (Dinas Pariwisata Kabupaten Bima didukung oleh Tim Komunikasi Publik Diskominfostik). (KM LENGGE/KIM WAWO)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru