Top 10 Inovasi NTB Hadir di Inspiratif Expo

Setiap tahun Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  menyelenggarakan lomba inovasi dalam pelayanan publik untuk se- Kabuapten/Kota.


Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Sehingga kebutuhan dan keinginan masyarakat tercapai.

"Perlu inovasi dan terobosan baru untuk mempercapat pelayanan publik," kata Yusron Hadi Karo Organisasi Pemrov NTB saat hadir di Inspiratif Expo, Minggu (17/2).

Biro Organisasi menghadirkan 10 Top Inovasi Pelayanan Publik se-NTB. Kesepuluh orang yang menginspirasi ini mempresentasikan secara singkat aplikasi pelayanan publik yang telah di buatnya, di keramaian Car Free Day udayana.

Inovasi-inovasi pelayanan publik akan terus di apresiasi. Inovasi yang memudahkan pelayanan masyarakat ini akan di replika dan dikembangkan termasuk untuk daerah lain.

"Hasil inovasi ini kami akan replikasikan dan kembangkan untuk memudahkan pelayanan publik bagi masyarakat, baik di Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi," ungkap Karo Biro Organisasi.

Lebih lanjut, "Kami memberikan reword dan penghargaan bagi 10 Top Inovasi ini, sehingga aplikasinya terus dikembangkan untuk pelayanan publik," papar Yusron Hadir didepan Kadis Kominfotik NTB Tribudi Prayitno dan PLT. Karo Humas dan Protokol Najamuddin.


Kehadiran Top 10 Inovasi di IE salahsatu bentuk penghargaan Pemerintah, sebagai media publikasi agar masyarakat juga mengerti dan mengetahui tentang program atau aplikasi layanan publik ini.

Misalnya ada aplikasi Siruko Galar (Sistem Rujukan Komunikasi  Tiga Pilar) yang ditampilkan dr. Elly Rosilla Wijaya dari Mataram hadir dengan semangat mempublikasikan salahsatu inovasinya.

Kemudia hadir juga Si Jinak (Aplikasi Perijinan Pengeluaran Ternak  Keluar Daerah) hasil karya  Sujawo dari Kabupaten Sumbawa mempromosikan Sumbawa sebagai daerah paling banyak ternaknya.

Sedangkan Syafrudin H. Ndae dari Kabupaten Bima, hadir juga memperkenalkan apkikasi Mataroa, sebuah aplikasi E-Monitoring Control Berbasis IT, untuk informasi di daerah.

Beberapa inovator lain juga, satu persatu hadir memperkenalkan hasil karya dan terobosanya dalam memudahakan pelayanan publik ditengah masyarakat.


Inspiratif Expo (IE) ke dua yang digelar Dinas Kominfotik NTB ini tetap semarak menghadirkan Lazada menginformasikan tentang bantuan Huntap untuk masyarakat  terkena Gempa Bumi.

Mempromosikan Festival Bau Nyale,  tim perkusi dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB, menampilkan paduan gendang dan drumer, yang dinamis dan atraktif.

Menambah kesemarakan IE hadir pula Tari Kembang Sembah dibawakan oleh penari Ayu Chika, Ayu Putri dan Ayu Nita dari sanggar tari Kencana Dewi Mataram , atraksi perkusi  dan Atraksi Four Beat Box dari SMPN 3 Kota Mataram.

Pemeriksaan kesehatan gratis, seperti cek tensi darah, menimbang badan dan konsultasi kesehatan gratis diberikan oleh RSUD Kota Mataram dan Tim Dazi NTB mewarnai pelayanan di IE.

Tidak ketinggalan, menjual sembako murah Toko Tani Indonesia hadir di pagi ini. Aneka kulier dari UKMK menambah pilihan menu untuk sarapan minikmati Inspiratif Expo ke 2 di CFD  Udayana Mataram.  (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru