Kadis Kominfo Lotim Apresiasi Kampung Media


KM. Sukamulia – Kadis Kominfo Lotim (H. Ridatul Yasa Sutarwadi) berikan apresiasi kepada warga Kampung Media Dusun Sukamilia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur dan warga Kampung Media lainnya yang ada di sekitaran Desa Pohgading Timur atas kreatifitas dan partisipasi mereka dalam menyebarkan informasi serta pengembangan kreatifitas warga dan pengembangan wisata desa di kampung halaman mereka.

Jum’at (14 September 2018), H. Ridatul Yasa Sutarwadi selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Timur berkunjung ke Ekowisata Kampung Media guna mendampingi tim Kominfo RI/Panitia Lomba Hias Gapura Asean Game 2018 (Ibu Linda, Anto Yogie, Djorgi dan Sri Ratnasari) dalam acara penyerahan Hadiah Hiburan Lomba Hias Gapura Asian Game yang didapatkan oleh ASA Community.

Beliau terlihat cukup bangga ketika mengetahui bahwa ASA Community yang dipinpin oleh pengelola KM. Sukamulia medapatkan Juara Hiburan dalam Lomba Hias Gapura. Awalnya beliau mengira bahwa Lomba Hias Gapura tersebut diselenggarakan oleh Kampung Media NTB, namun Ibu Linda selaku ketua tim menjelaskan bahwa lomba tersebut diselenggarakan oleh Kominfo RI yang dihandel oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik.

Lomba ini bukan hanya diikuti oleh warga Kampung Media pak. Lomba hias gapura diselenggarakan oleh DJIKP Komenfo RI dan pesertanya berasal dari seluruh Indonesia. Proses penilaiannya juga sangat teliti. Ada lima dewan juri yang menangani lomba ini yakni dari Kominfo, Inasgoc dan Tim Kreatif ”, jelas Linda kepada H. Ridatul Yasa Sutarwadi .

“Setelah melalui perdebatan yang panjang, dari 1029 peserta lomba, panitia memilih 120 besar, kemudian menetapkan 3 juara utama dan 25 juara hiburan dan diantara 25 juara tersebut ternyata ASA Community termasuk sebagai salah satu juaranya dan kebetulan Ketua ASA Community adalah Kampung Media”, sambung Anto kepada Kepala Kominfo Lotim.

Asri juga menjelaskan bahwa Dusun Sukamulia merupakan Dusun Kreatif yang dimana di Dusun Sukamulia terdapat KM. Sukamulia, KM. Pohgading Timur dan KM. Poker yang selalu menceritakan mengenai kampung halaman mereka. ASA Community merupakan komunitas Pemuda Dusun Sukamulia yang aktif melaksanakan kegiatan nasionalisme dan kegiatan-kegiatan religius serta aktif mengembangkan kreatifitas pemuda, pengembangan Wisata Desa dan membantu warga dalam berbagai aspek, termasuk dalam membantu masyarakat dalam mengembangkan pertanian berbasis organic dengan menciptakan ASA GREEN dan Serbuk Anti Siput.

“Kami memperkenalkan seluruh aktifitas warga Dusun Sukamulia dan Desa Pohgading Timur melalui halaman Kampung Media. Melalui Kampung Media inilah public mengenal kami sehingga kami semakin termotivasi dalam mengembangkan kampung halaman kami. Melalu Kampung Media pula kami share segenap karya kami sehingga tidak jarang kami mendapatkan penghargaan dari berbgai pihak, termasuk saya mendapatkan Hak Cipta Laku secara gratis dari Dinas Perindustrian NTB, saudara Badri (Pengelola KM. Pohgading Timur) mendapatkan Juara 3 Nasional Pemuda Pelopor Nasional dan saudara Sahlim (Pengelola KM. Poker). Dua hari yang lalu kami dikunjungi oleh Tempo Media Group dan Panitia Satu Indonesia Award PT Astra Internasional sebab kami mengikuti loba kreatifitas pemuda dengan prodak Serbuk Anti Siput yang kami produksi”, papar Asri kepada Haji Lalu Yahya.


H. Ridatul Yasa terlihat bangga dan memberikan apresiasi kepada warga Kampung Media NTB yang ada di sekitaran Desa Pohgading Timur. Kemudian beliau menjelaskan kepada Ibu Linda dan timnya bahwa Kampung Media merupakan bagian dari KIM. Dimana Kampung Media merupakan KIM Digital yang dibangun oleh pak Fairuz, beliau adalah salah seorang kepala bidang di Kominfo NTB.

“Kampung Media ini juga KIM, KiM berbasis digital. Kampung Media ini berupa corong rakyatnya dan KIM itu adalah bagaimana mendigitalkannya. Dengan demikian, sesungguhnya Kampung Media dan KIM itu sama, hanya Kampung Media itu menaikkan grid-nya. Melalui Kampung Media, Pak Fairuz membudayakan cerita dari berugak menjadi berita di blog”, tutur Haji Lalu Yahya kepada Tim Kominfo RI.

Kadis Kominfo Kabupaten Lombok Timur itu betul-betul mengapresiasi keberadaan Kampung Media yang telah membantu Kominfo dalam mengembangkan budaya menulis warga NTB dengan informasi-informasi yang anti Hoax. Lebih-lebih kali ini kreatifitas warga Kampung Media dalam Lomba Hais Gapura Asean Game 2018 mendapatkan Juara Hiburan dan juara itu diperoleh ditingkat nasional. Beliau berharap, ke depannya warga Kampung Media terus berkerjasama dengan KIM Lombok Timur dan bersama-sama menyebarluaskan informasi positif dan bermanfaat.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru