Semua Orang Buta

TAMSIL

PERUMPAMAAN YANG SYARAT MAKNA DAN PELAJARAN BERHARGA BAGI KEHIDUPAN

SEMUA ORANG BUTA

Semua orang di dunia ini buta, yang melek (melihat) hanya Rasulullah SAW.. semua orang buta dengan rute perjalanan akhirat, hanya Rasulullah SAW. Yang telah tahu rute-rute Akhirat. Semua orang buta tentang Surga dan neraka, hanya Rasulullah SAW. Yang telah menyaksikan Indahnya Surga dan Dahsyatnya Adzab neraka.

Maka betapa lucunya bila sesama orang buta saling menuntun untuk sampai ke tempat tujuan, tanpa mau di bimbing dan diberitahu oleh orang yang melihat. Lebih celaka lagi, orang buta sok yakin bahwa ia tidak akan terperosok ke dalam jurang tanpa bantuan orang yang melek.

Rasulullah SAW. Sebagai seorang yang telah melihat Akhirat (Surga dan neraka) memberitahu kita dan memberikan tuntunan hidup kepada manusia bahwa jalan kebahagiaan itu hanyalah ada dalam mengamalkan Agama secara sempurna. Dengan Da’wah sebagai mesin penghasil Hidayah bagi manusia, Rasulullah SAW. Memperkenalkan jalan singkat menggapai puncak kebahagiaan yaitu dengan cara mengajak seluruh manusia untuk menyembah Allah SWT. Sesuai contoh Rasulullah SAW. Dengan mengorbankan diri dan harta demi tegaknya Agama.

Sebagai orang yang buta, sadarilah bahwa kita akan sampai ke tempat tujuan (Akhirat) dengan sukses hanya apabila mau dituntun oleh Rasulullah SAW., melaksanakan Sunnah-sunnahnya tanpa membantah, meneruskan kerjanya (Da’wah) penuh gairah dan meneladani sikap perbuatannya dengan keyakinan dan kesungguhan hati.

Rasulullah SAW. Adalah orang yang melek (melihat). Dia tidak ingin Umatnya tersesat karena kebutaannya akan Akhirat, maka Rasulullah SAW. Siap membimbing dan memberikan contoh jalan hidup yang harus ditempuh manusia di dunia. Dan Rasul pun menangguhkan Do’a-Nya yang mustajab untuk mensyafaati Umatnya di Akhirat kelak.

 

 

Dari Kitab-kitab. Sumber foto; net

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru