Sedekah "Terpaksa"

Pagi ini saya ingin membagi kisah kawan saya, sebut saja namanya Amaq Amat. Ia seorang pekerja serabutan. Kadang jadi makelar HP, kadang ojek, kadang ia jadi pedagang sayur kalau hasil bumi berlimpah di kampungnya. Pokoknya semua jenis pekerjaan dia kerjakan. Amaq Amat terbikang tekun. Ia ramah kepada semua orang. Dan satu hal yang paling saya sukai darinya adalah dia selalu ringan tangan membantu siapa saja. ini point yang ingin saya ceritakan. Amaq Amat gemar membantu. Mungkin kegemaran yang satu itulah yang mebuat hidupnya seakan dijauhi kesusahan. Saat ia ditimpa masalah banyak yang membantu.

Suatu hari Amaq Amat mengantar keluarga ke sebuah tempat. Di tengah perjalanan ia menemukan kawan lamanya sedang bekerja dipinggir jalan. Di mata Amaq Amat, sang kawan terlihat kelelahan dan butuh bantuan. Seperti biasa naluri berbaginya muncul. Uang di saku celananya ia raba. Otaknya berpikir. Ia sedang butuh banyak uang untuk bayar hutang. Bagi ? tidak ? bagi ? tidak ? Dua kata tanya itu berkelahi diotaknya. Belum sempat otaknya memutuskan. Tangannya telah lebih dahulu merogoh uang 50an ribu disaku celananya. Perkelahian antara berbagi dan tidak berbagi terhenti. “Ah, buat apa aku berpikir panjang untuk berbuat baik” begitu “gerumun” Amaq Amat sambil memberikan uang yang mestinya ia kumpulkan buat buat bayar hutang tersebut kepada kawannya. Setelah itu ia berlalu.

Next, Amaq Amat tidak berpikir lagi soal duit yang ia berikan kepada kawannya. Ia mulai lagi bekerja, mencari duit buat bayar hutang. Ia kembali beraktifitas membantu siapa saja yang butuh bantuannya. Hingga tiba satu waktu, yang tidak lama setelah ia membagi rejekinya kepada sang kawan. Seorang temannya, memberikan kepada Amaq Amat sejumlah uang, sebagai hasil dia membantu pekerjaan. Mau tahu jumlah uang yang diberikan temannya ? …. 5 juta.  Bandingkan dengan jumlah sedekah “terpaksa” yang ia berikan kepada temannya. 

diadaptasi dari kisah nyata. gambar ilustrasi dari Google.  [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru