Liputan Bareng, Warga Kampung dan Kompasianer (1)

KM, Mellbao:  Pagi itu,  jarum jam menunjukkan pukul 8.00 pagi. Sepuluh journalist warga Kompasiana dan salah satunya adalah awak Kampung Media (saya), Nusa Tenggara Barat (NTB). Bertempat Gedung Integrited Faculty, Universitas Indonesia (UI), Jakarta. Disela-sela kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB), saya mulai jarang menulis, tapi kali ini, saya berusaha membagi waktu menulis, termasuk salah satunya di Kampung Media.

Satu minggu lalu, saya mengikuti seleksi liputan acara lomba Olimpiade Science Nasional (OSN) dilaksanakan oleh Pertamina Indonesia dan kerja sama dengan Kompasiana. Dan saya termasuk salah satu dari, sepuluh orang dari peserta itu. Mereka yang telah dinyatakan lolos seleksi akan mengikuti liputan selama dua hari bersama Journalist warga Kompasiana dan harian Kompas.  

Setelah satu minggu menunggu pengumuman seleksi liputan bersama Kompasiana. Alhamdulillah, nama saya masuk dalam urutan ke-9 untuk mengikuti liputan acara tersebut. Ini adalah kali pertama saya mengikuti kegiatan Kompasiana, setelah satu tahun ikut bergabung. Pengalaman menulis dan tulisan yang pernah saya tulis di Kampung Media, saya jadikan tulisan lagi di Kompasiana. Menurutku tulisan-tulisan tersebut bisa jadi bahan pertimbangan admin kompasiana untuk meloloskanku. Kamis (26/11/2015).

Peserta tepilih akan melakukan liputan (review) tentang kegiatan yang dilaksanakan selama Lomba Olimpiade Science Nasional (OSN) ini. Kegiatan ini diikuti oleh 27 Perguruan Tinggi, se-Indonesia. Untuk kegiatan liputan pertama akan berlansung di Depok. Sedang keduanya akan dilaksanakan di areal Tugu Monas. Dalam kegiatan ini, saya diberikan kesempatan untuk meliput bagaimana kontribusi Pertamina Indonesia dalam menciptakan generasi muda Indonesia.

Dari kegiatan ini, saya harus menulis hasil kegiatan dalam bentuk liputan (rivew), kemudian hasilnya akan di lombakan bersama sepuluh perserta lainnya. Peserta yang berhasil masuk dalam tulisan terbaik akan mengikuti kegiatan selanjutnya bersama Kompasiana dan Kompas. Sebelum acara dimulai saya dan peserta dibekali dengan perlengkapan kamera poket, tas ransel, pakaian, buku dan topi sera perlengkapan lainnya. Selain itu, untuk lebih akrab, saling mengenal, dengan para perserta. Peserta diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri masing-masing sesuai dengan pengalaman, liputan apa saja yang pernah dilakukan.

Dalam kesemptan saya (Awak Kampung Media) diberikan kesempatan memperkenalkan diri dan menceritakan pengalaman selama di Kampung Media. Cerita “Kampung Media” adalah satu bagian yang ceritakan, Kampung Media menjadi bagian dari cerita yang membuat para peserta berntanya-tanya alias penasaran. Banyak cerita yang saya bagi bersama mereka, bermula dari ide munculnya, hingga sampai sekarang. Kegiatan-kegiatan sambang kampung, menulis dan rebuk bersama warga, hingga mendapatkan berbagi penghargaan dari Kementerian Aparatur Negara Republik Indonesia. Tak ketinggalan juga cerita kocak kepala kampung Fairuz Abadi. Semua peserta Journalist Kompasiana, lansung ketik alamat laman website Kampung Media. Cerita tentang Kampung Media mendapat tanggapan dari seorang perserta, salah satunya.

Ruslan (54) Peserta Kompasiana asal Pasar Minggu, Jakarta, mengatakan Momentum ini harus dimanfaatkan oleh teman Kampung Media untuk belajar dan berbagai pengalaman. Lebih-lebih lagi berkesempatan liputan bersama Journalist warga Kompasiana. Kampung Media, NTB telah menjadi bagian dari kisah inspiratif kita hari ini. Sekilas saya baca tadi websitenya, banyak cerita-cerita inspiratif yang sangat menarik untuk kita abaca”. Ujar Ruslan.

Haris salah seorang admin Kompasiana pun mengakui tertarik membaca cerita-cerita inspiratif yang ditulisan oleh warga Kampung Media. “Dengan website yang dimiliki oleh warga Kampung Media dan cerita-cerita tentang warga biasa akan menjadi cerita yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Pengalaman liputan ini juga bisa diceritakan ke warga Kampung Media, NTB”. Paparnya.

Untuk hari pertama kegiatan lomba OSN, saya hannya menulis kegiatan dalam untuk pembukaan, sementara liputan mendalamnya diacara Lomba OSN oleh 27 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Kegiatan selanjutnya akan saya tulis lagi untuk warga Kampung Media. [] (Ahyar). - 01

Bersambung (1)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru