Pohon Lian Sudah Langka

Pohon Lian yang ada di Dusun Menanggabaris Desa Gunung Malang Kecamatan Peringgabaya Lotim keberadaan saya kurang memahami akan tetapi saya pernah diceritakan dulu masih kecil oleh ayah saya, saat itu saya berumur belasan tahun atau sekitar lebih dua puluh tahunan yang lalu, menurut orang tua saya bahwa Pohon Kayu Lian yang tumbuh di depan Pantai Pidana tersebut dulu pohon tersebut cukup banyak tumbuh dari jalan sampai ke kebukit-bukit, akan tetapi menurut beliau tidak tahu siapa yang menanamnya padahal orang tua saya sejak kecil sudah mengetahui adanya Pohon Kayu Lian tersebut bayangkan umur ayah saya saja jika ia masih hidup berumur sekitar 91 tahun pada tahun 2014 ini. Berarti keberadaan Pohon Lian tersebut sudah ratusan tahunan tumbuhnya. Kini Pohon Lian tersebut populasinya semakin berkurang bahkan jika tidak dijaga maka beberapa tahun kemudian kedepan keberadaannya pasti akan musnah.

Karena menurut orang tua saya dulu Kayu Lian tersebut banyak digunakan untuk membuat perahu oleh masyarakat sekitarnya atau bahan kayu bangunan sehingga lambat laun keberadaannya semakin berkurang. Perlu diketahui Pohon Lian tersebut memiliki ukuran batang seperti raksasa karena diameter batangnya bisa mencapai 5 meter dan ketinggiannya dapat mencapai 50 meter bahkan lebih yang tumbuh menyebar dari di pinggir jalan raya jurusan Sambelia Labuhan Lombok dan tepatnya di depan Pantai Pidana, sehingga bagi pengunjung di Pantai Pidana dapat menikmati oksigen murni dari hutan Lian tersebut dan terkadang bagi para pengguna jalan memanfaatkan momen tersebut untuk beristirahat menghirup udara segar sejenak setelah menempuh perjalanan jauh apalagi ketikan cuaca panas maka banyak orang yang beristirahat melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan. Akan tetapi jika musim hujan dibarengi angin kencang kita juga mesti berhati-hati ketika melewati jalan tersebut karena terkadang Pohon Lian tersebut tidak kuat menahan bebannya sehingga sering roboh menimpa badan jalan. Namun belum pernah kami mendengar pengguna jalan yang melintas di sekitar lokasi tersebut ditindih oleh Pohon Kayu Lian.

Pohon Lian tersebut menurut informasi yang kami peroleh bahwa keberadaan Pohon Lian hanya ada di dua Negara yaitu Indonesia hanya ada di Pulau Lombok yaitu di Dusun Menganggabari Desa Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya Lomtim dan Negara Thailan salah satunya. Saya berpikir tidak adakah cara untuk perkembangbiakan Pohon Lian tersebut agar keberadaannya tidak musnah sama sekali, karena jika pohon tersebut betul hanya terdapat didua Negara maka ini merupakan pohon yang sangat langka. Karena selama saya memperhatikan Pohon Lian tersebut selama ini tidak ada yang bertambah tumbuh untuk berkembangbiak melainkan berkurang karena tumbang disebabkan angin atau karena lapuk. Oleh sebab itu kami sebagai masyarakat mengharapkan adanya solusi dari pihak pemerintah dalam hal ini Departemen Kehutanan dan Perkebunan untuk membibitkan Pohon Lian tersebut sebagai pohon sumber peresapan hutan sehingga dapat mengurangi terjadi banjir dan penghijauan dari hutan-hutan yang gundul, serta kesigapan petugas kehutanan untuk dalam pengawasan illegal loging dan juga sebagai kekayaan alam bangsa Indonesia berupa kaya langka di dunia.(Alpan) -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru