Fungsikan Benhur Untuk Ambulan Desa

KM. Portal Himpas, - Benhur merupakan sarana transportasi tradisional yang mungkin tak asing bagi warga bima dan sekitarnya karena alat transportasi ini kerap di jumpai beroperasi di beberapa jalan di kabupaten bima dan hingga kini masih tetap menjadi sarana transportasi faforit warga.

Namun ada sedikit hal yang berbeda dengan keberadaan benhur di Desa Sie, Kecamatan Monta, karena selain digunakan untuk sarana transportasi, benhur juga digunakan sebagai Ambulance Desa yang dugunakan oleh suami siaga untuk antar jaga ibu hamil dan ibu melahirkan ke puskesmas dan posyandu terdekat. Selain itu, Ambulance Desa juga sering digunakan oleh warga untuk mengantar keluarga yang sakit ke puskesmas atau dokter terdekat.

M. Ali, adalah salah seorang kusir benhur asal desa sie yang memiliki inisiatif memfungsikan benhur miliknya selain untuk mencari penumpang juga digunakan sebagai ambulance desa. Menurut, Ali, ide ini muncul sejak benhurnya dijadikan Ambulance Desa pada lomba GSI (Gerakan Sayang Ibu) yang digelar oleh Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) pada Tahun 2012 lalu. “apa salahnya jika ambulance desa tetap difungsikan untuk membantu warga terutama untuk mempermudah akomodasi bagi ibu hamil dan melahirkan,” ujarnya.

Dengan memfungsikan benhur sebagi ambulance tidak mempengaruhi rutinitas, Ali sebagai kusir karena disela waktunya untuk mengantar pasien ke puskesmas atau rumah sakit. Dia tetap menjalankan rutinitas sebagai kusir yang mencari penumpang “hanya saja ketika ada pasien atau warga yang harus diantar ke rumah sakit, saya akan prioritaskan setelah itu baru akan mencari penumpang umum,” katanya.

Dalam hal tarif, Ali tidak terlalu mempermasalahkan karena menurut dia, “yang terpenting adalah pasien yang diantar segera mendapat pertolongan dokter atau perawat, sedangkan untuk tarif seikhlasnya saja dan tidak begitu jauh beda dengan tarif penumpang biasa,” tuturnya. Pada hari sabtu (1/3/14). [AL] - (01)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru