logoblog

Cari

Masyarakat Harus Melek Informasi

Masyarakat Harus Melek Informasi

Di era digitalisasi, keterbukaan informasi sangat penting. Bahkan informasi menjadi parameter kemajuan demokrasi. Mewujudkan NTB Gemilang, harus dengan tata kelola pemerintah

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
03 November, 2019 10:55:01
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 748 Kali

Di era digitalisasi, keterbukaan informasi sangat penting. Bahkan informasi menjadi parameter kemajuan demokrasi.

Mewujudkan NTB Gemilang, harus dengan tata kelola pemerintah berbasis Informasi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur NTB, Dr.H. Zulkieflimansyah, SE., ME yang diwakilkan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Ir H Iswandi, pada Anugerah Duta Informasi 2019, Jumat (1/11/19) di Lombok Astoria Mataram.

Menurut Penjabat Sekda ini, Pemerintah yang baik harus memahami pentingnya informasi. Tata kelola pemerintahnya yang baik pasti berbasis informasi. “Tentunya Informasi yang berisi data, gambar, video dan elemen lainnya,” jelas Iswandi.

Disamping itu, Iswandi mengajak masyarakat untuk menguasai informasi dari berbagai aspek. Sehingga dapat mengikuti perkembangan dunia. “Masyarakat kita butuh ketersediaan informasi seluas-luasnya,sehingga tugas pemerintah memberikan dan menyajikan informasi kepada mereka,” pesan mantan kepala Bappenda NTB ini.

Ia mengingatkan, kompleksitas persoalan kita, ada 5 hal pokok yang perlu kita perhatikan berkaitan dengan informasi. Yang pertama adalah masalah demokrasi. Negara kita diarahkan untuk menjadi negara demokrasi yang besar. Ini membutuhkan kesadaran masyarakat untuk turut berpartisipasi dan memilah informasi dengan benar. Kemudian yang kedua tantangan dan persoalan negara kita kedepan adalah globalisasi. Setiap kita dituntut untuk memiliki informasi, dari berbagai sumber untuk mengikuti perkembangan dunia. “Tentunya ditengah masyarakat membutuhkan ketersediaan informasi yang seluas luasnya,” jelas Iswandi.

Selanjutnya menurut Iswandi, persoalan ketiga adalah negara kita yang multikultur dan majemuk, ditengah-tengah demokratisasi dan globalisasi, negara dihadapkan permasalahan yang sering terjadi ditengah masyarakat yakni konflik. Itu juga penyebabnya karna informasi. Tentunya, Miskomunikasi, masalah informasi tidak akurat atau yang dikenal dengan Hoax.

Berikutnya persoalan keempat, kita dihadapkan pada tantangan tugas-tugas pembangunan. Permasalahan yang dihadapi semua pihak, berkaitan dengan masalah korupsi. Ini dapat terjadi kembali karena informasi. Menutup informasi dan tidak terbuka dalam tata kelola. Dan yang kelima, terakhir adalah masalah good government atau tata kelola pemerintahan. Menurutnya, tata kelola pemerintah yang baik, transparan dan terbuka dapat menekan dan mengatasi masalah korupsi. “Lagi-lagi masalah informasi adalah salahsatu penyebab korupsi, karna banyak informasi yang ditutupi dan tidak terbuka,” kata Penjabat Sekda.

Maka menurutnya, kelima tantangan tersebut solusinya adalah harus berbasis informasi. Anugerah Duta Informasi, kegiatan yang sangat strategis. “Saya berharap kegiatan ini harus terus dilakukan dan berlanjut secara terus-menerus disemua level. Terus memberikan literasi digital dan media kepada masyakat. Sehingga dapat meningkatkan transparansi,keterbukaan dan akuntabilitas. Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, salah satu kuncinya adalah membangun berdasarkan basis informasi yang sebaik-baiknya,” tegas Iswandi.

Ia berharap juga, anugerah informasi tidak hanya menyentuh kreatifitas yang bersifat global dan milenial saja. Namun ikut meningkatkan partisipasi masyakat dalam menyampaikan informasi. Dan menyajikan konten konten yang menyentuh aspek budaya lokal yang dapat meningkatkan informasi sampai kepada masyarakat, sehingga terbangun semangat bersama membangun NTB Gemilang.

 

Baca Juga :


Mengusung tema Ekonomi Kreatif dan Zero Waste, Dr.Ir.H.Iswandi,M.Si menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Diskominfotik dengan seluruh stakeholdernya dan semua pendukung kegiatan Anugerah Duta Informasi dan Pengumuman Pemenang Lomba.

Sementara itu, Plt Kepala Diskominfotik NTB I Gede Putu Aryadi, S.Sos, MH, menyampaikann di era digital Diskominfotik NTB sebagai perpanjangtangan Pemerintah Daerah berperan memproduksi informasi, desiminasi infornmasi, keamanan data, menyajikan data sektoral dan tugas lainnya.

Namun perkembangan internet dengan platform media sosial, tugas produk informasi itu dapat dilakukan siapa saja. Baik pemerintah, media maupun masyarakat. Oleh karna itu Diskominfotik disatu sisi harus mampu membangun kesadaran informasi masyarakat melalui kegiatan berbagai macam lomba dan bersinergi dengan Komisi Penyiaran Indonessia Daerah. “Kami bersama KPID maupun KI NTB terus melakukan peningkatan literasi media untuk membangun partisipasi publik dalam membangun NTB gemilang,” kata mantan Humas Kabupaten Bima ini.

Penyerahan Duta Informasi Tahun 2019 merupakan penyerahan penghargaan terhadap 4 item kegiatan lomba, pertama Audisi Akademisi Presenter yang di inisiasi oleh Biro I news TV Grup NTB yang disuport oleh Arief Foundation yang diikuti oleh 71 peserta dari seluruh Kabupaten Kota Se NTB dan hanya terpilih enam pemenang. Tiga kegiatan lomba dilaksanakan Diskominfotik NTB diikuti oleh 200 orang. Antara lain lomba Vlog yakni pembuatan sebuah video yang cukup sederhana melalui HP atau Android, kedua lomba Phonegrafi menggunakan kamera HP dengan teknologi informasi, ketiga lomba desain foster yakni memadukan tulisan dengan gambar. Dan ada anugerah seniman Perupa Ramah IT sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat tahun 2019.

Menurut Gede Aryadi, dari sekian mata lomba yang diikuti oleh 200 peserta, mengangkat berbagai macam program hasil produksi budaya dan semua potensi NTB dengan Tema utama adalah ” Siaran Sehat Untuk NTB Gemilang. Kegiatan strategi lain meningkatkan kapasitas pelayanan informasi oleh Badan Publik Instansi Pemerintah oleh Komisi Informsi (KI) NTB. Memberikan pemahaman tentang Publikasi program OPD lingkup Pemrov. NTB dilaksanakan juga Bimtek penulisan kreatif dan analisis konten media untuk pemerintah.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Komisioner KPID,Direktur I News TV NTB, Arief Foundation, Perwakilan PT.Astra Motor Cabang NTB, Anggota KIM dan pemenang lomba.

Penjabat Sekda NTB H.Iswandi,Plt Diskominfotik NTB I Gede Putu Aryadi dan Komisioner KPID menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pemenang lomba Duta Informadi dan Akademisi Presenter 2019. (IE)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan