logoblog

Cari

Mahasiswa Kempo Dompu Ukir Prestasi Di Malang

Mahasiswa Kempo Dompu Ukir Prestasi Di Malang

Jika berbicara tentang mahasiswa dan kempo, maka bagi mahasiswa kempo tidak terlepas dari organisasi daerah kempo yang ada di beberapa kota

Cerita Inspirasi

Ahyansyah
Oleh Ahyansyah
20 Oktober, 2019 10:19:12
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 9163 Kali

Jika berbicara tentang mahasiswa dan Kempo, maka bagi mahasiswa Kempo tidak terlepas dari organisasi daerah kempo yang ada di beberapa kota di Indonesia seperti di Yogyakarta ada FKMK (forum komunikasi mahasiswa kempo), forum mahasiswa kempo makasar (fmkm), ikatan pelajar mahasiswa kempo (IPMK) mataram dan keluarga besar mahasiswa kempo (KBMK) Malang. Organisasi daerah ini bersifat organisasi paguyuban. Dari organisasi ini menunjukan bahwa kempo selalu mejaga silaturahmi, kekompkan dan solid di tanah rantaun melalui organisasi paguyuban.

Di Malang sendiri ada Keluarga Besar Mahasiswa Kempo Malang atau disingkat KBMK Malang yang merupakan organisasi paguyuban daerah yang merangkul mahasiswa kempo yang ada di malang raya. Bukan hanya mahasiswa, KBMK juga menjadi sebuah organisasi paguyuan yang merangkul keluarga besar kempo yang suatu saat hadir dan berkunjung ke kota Malang.

Dengan semboyan kekeluargaan ma nggahi rawi pahu, menjadikan KBMK memegang prinsip dou dompu (orang dompu) ini sebagai kekuatan dan pegangan dalam menunut ilmu di Malang. Nggahi rawi pahu secara etimologis bahwa nggahi artinya berkata, rawi artinya bekerja, dan pahu artinya hasil. Maknanya adalah orang dompu disetiap perkataan yang diucapkan, harus dilakukan segera agar mendapatkan hasil yang baik. Motto inilah yang dipegang oleh KBMK untuk terus mengukir prestasi di tanah rantauan Malang. KBMK ingin menunjukan bahwa kempo memiliki putra dan putri yang  berkualitas dan mampu bersaing dengan siapaupun.

Jika dilihat dari sejarah dan keadaannya kempo sekarang, kempo banyak melahirkan orang-orang hebat misalnya, DR. H. Muhammad Feisal Tamin, SSEP yang merupakan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Gotong Royong periode Masa jabatan 8 Agustus 2001 – 20 Oktober 2004. Berdasarkan beberapa informasi dari sesepuh bahwa beliau besar di kempo dompu dan memiliki rumah di kempo sampai saat ini.

Selain itu, Bupati Dompu saat ini H. Bambang., M Yasin dari riwayat pendidikannya pernah mengenyam pendidikan di kempo yakni SMPN 1 kempo. Selain itu wakil Bupati Arifudin, SH juga merupakan putra asli Kempo dan besar di Kempo. Kemudian,  Andi Bachtiar yang saat ini menjabat sebagai ketua DPRD Dompu 2019-2024 juga asli putra kempo.

Prestasi yang diukir diatas, diwarisi ke generasi penerus kempo yang kuliah di Malang yang tergabung dalam KBMK Malang. Hal ini ditunjukan bahwa KBMK pernah juara beberapa lomba di Malang seperti juara 1 lomba bazar budaya dompu  se malang raya, juara 2 tari daerah dompu di UMM oleh KKSM dan masih banyak lomba lainnya. Selain itu, KBMK pernah kolaborasi dengan gerakan indonesia mengajar dengan mendatangkan pengajar muda mengisi talkshow pendidikan di Malang.

Gambar 1: Foto Bersama Mahasiswa (KBMK) Malang 

 

Baca Juga :


Hal yang perlu disyukuri bahwa hari Sabtu, 19 Oktober 2019 kemarin KBMK kembali juara 2 lomba pidato pada pagelaran seni budaya bima da dompu di UIN Maulana Malik Ibrahim Kota Malang.  Kegiatan ini diadakan oleh himpunan mahasiswa bima malang yang terdiri dari lomba pidato bahasa indonesia dengan tema budaya, lomba akustik dan lomba tari daerah.

KBMK Malang yang diwakili oleh Tasyabiila Pandi Utami berhasil meraih juara 2 lomba pidato dengan judul pidato bunuh diri bukan budaya Dompu. Tasya yang biasa disapa oleh teman-temannya ini merupakan mahasiswa baru 2019 universitas muhammadiyah Malang jurusan ilmu hukum yang berasal dari kecamatan kempo kabupaten dompu NTB.

Judul pidato ini berangkat dari kekwatiran saya atas kasus bunuh diri yang akhir-akhir ini terjadi di kabupaten Dompu yang sekiranya ini perlu dihindari oleh kita semua. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang bunuh diri perlu kita ketahui bersama. Bunuh diri bukan satu-satunya cara mengatasi masalah –masalah yang dihadapi kita. Bahkan islam sendiri melarang bunuh diri bagi seorang muslim dan muslimah. ungkap Tasya.

Ketua KBMK, Ramadhan menyampaikan bahwa ini adalah salah satu cara untuk mengembangkan kemampaun mahasiswa kempo dengan terjun langsung mengikuti lomba-lomba. Dengan mengikuti lomba mahasiswa memiliki pengalaman banyak sehingga dari pengalaman inilah menjadi pelajran untuk memperbaiki kekurangan kekurngan yang dimiliki.

Ahyansyah, anggota KBMK juga menyampaikan bahwa mahasiswa kempo harus memiliki jam terbang banyak untuk mengembangkan personal skill. Walaupun organsasi paguyuban skala kecil, KBMK tetap banyak terbang dan pengalaman dengan melasanakan kegiatan yang inovatif. Jadilah organisasi yang pertama melakukan kegiatan yang tidak pernah organisasi lain lakukan. Jika  itu tidak bisa maka jadilah organisasi yang  melakukan kegiatan yang berbeda dengan organisasi yang lain. Teruslah berkarya dan prestasi. Pegang prinsip moto nggahi rawi pahu dan maja labo dahui dirasa dou, ungkap Ahyansyah mahasiswa S2 di UM ini.



 
Ahyansyah

Ahyansyah

Ahyansyah. Pemerhati Pendidikan Dasar. Asal dari Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Anak dari pasangan Bapak Burhanuddin ADT dan Ibu Ratnah. IG. @Ahyansya. E-mail : Ahyansyah.iain55@gmail.com. HP. 085239186574.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan