logoblog

Cari

Kasih Sayang Orangtua yang Aneh

Kasih Sayang Orangtua yang Aneh

Pernahkah mendengar kutipan, orangtua yang aneh dapat menjadikan anak-anak tumbuh menjadi lebih berkarakter? Nah, seperti itulah cerita yang disajikan The Glass

Cerita Inspirasi

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
09 September, 2019 09:12:37
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 697 Kali

Pernahkah mendengar kutipan, orangtua yang aneh dapat menjadikan anak-anak tumbuh menjadi lebih berkarakter? Nah, seperti itulah cerita yang disajikan The Glass Castle, sebuah film yang disutradarai oleh Destin Daniel Cretton. Rilis pada tahun 2017 silam, film ini diadaptasi dari novel Jeannette Walls yang merupakan kisah nyata keluarganya sendiri.

The Glass Castle sendiri menceritakan tentang bagaimana sosok ayah Jeannette, Rex Walls seorang pencandu alkohol, dan ibunya Rose Marry seorang seniman nyentrik, membesarkan Jeannette dan ketiga saudaranya yang lain. Keluarga Walls, diceritakan merupakan sebuah keluarga yang memilih jalan hidup yang berbeda dari system social yang ada. Banyak yang beranggapan, cara orangtua Jeannette membesarkan  anak-anaknya menyimpang, tapi bagi Jeannette dan saudara-saudaranya semua hal yang telah dilalui bersama keluarganya adalah hal yang luar biasa.

Penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh orangtua Jeannette dalam membesarkan anak-anaknya memang seringkali membuat kita berpikir, “Wah jahat sekali orangtuanya!” seperti kejadian saat Jeannette kecil meminta makan pada ibunya yang sedang melukis. Ibunya malah menjawab, “Kenapa saya harus memasak makanan yang akan habis dalam sejam. Kalau saya bisa melukis sesuatu yang akan bertahan sangat lama? Masak sendiri gih!”

Terdengar sangat egois bukan? Meminta anak yang kurang lebih berusia lima tahun untuk memasak makanannya sendiri. Apalagi setelah kejadian itu, Jeannette kecil harus menderita luka bakar yang berbekas seumur hidupnya. Keluarga Walls juga tidak memiliki rumah untuk menetap. Mereka berpindah-pindah dari suatu rumah tak berpenghuni ke rumah tidak berpenghuni lainnya.

Suatu hari, keluarga Walls menempati rumah yang tidak memiliki saluran air sehingga mereka sekeluarga harus mandi di kolam renang umum sekali seminggu. Saat itu usia Jeannette telah memasuki usia sekolah dasar, ia tidak bisa berenang dan sangat takut tenggelam. Rex tanpa mempedulikan ketakutan Jeannette malah melemparnya ke dasar kolam hingga membuat Jeannette mau tidak mau berenang untuk menyelamatkan diri.

Penyimpangan tidak sampai di situ, karena Rex merupakan pecandu alcohol yang membuatnya pernah tidak menyediakan makanan dan membiarkan anak-anaknya kelaparan selama tiga hari.

Semua itu bagi banyak orang merupakan sebuah penderitaan tumbuh dalam keluarga disfungsi. Keluarga disfungsional atau disfungsi keluarga adalah keluarga di mana terjadi banyak konflik, perilaku buruk, dan bahkan pelecehan di antara anggota-anggotanya. Namun sekali lagi bagi Jeannette dan saudara-saudara, semua penderitaan itu juga dibarengi dengan bagaimana mereka tumbuh begitu dekat dengan alam. Membuat mereka menghargai begitu banyak hal yang lebih berharga dari uang, seperti kebebasan diri dan menjadi apapun dalam hidup mereka.

 

Baca Juga :


Dibalik perlakuan yang tidak seharusnya dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya itu, Rex seringkali melakukan hal-hal tidak terduga bagi anak-anaknya. Seperti melakukan berbagai petualangan di alam dan pembelajaran yang tidak semenoton saat di sekolah.

Jeannete dan saudara-saudaranya juga tumbuh menjadi orang dewasa yang berkarakter, lebih menghargai hidup, dan sukses di jalan hidupnya masing-masing. Novelnya The Glass Castle sendiri menjadi best seller dan membawanya sebagai salah satu penulis terbaik di Amerika.

Satu kutipan di akhir film yang dipersembahkan keluarga Walls untuk mendiang Rex, “Hidup tak pernah menjadi membosankan bersamanya,”. Tentu saja mereka sangat menyayangi Rex Walls. (Novita)

 



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan