logoblog

Cari

Perayaan Hari Kemerdekaan Diantara Tumpukan Sampah

Perayaan Hari Kemerdekaan Diantara Tumpukan Sampah

Ada hal unik yang dilakukan oleh 50 orang siswa-siswi SMK Ilhami dan sekelompok pemuda Cepak Daya, Aikmel kecamatan aikmel Lombok timur.

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
18 Agustus, 2019 13:07:44
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 884 Kali

Ada hal unik yang dilakukan oleh 50 orang siswa-siswi SMK Ilhami dan sekelompok pemuda Cepak Daya, Aikmel kecamatan aikmel Lombok timur. Diantara tumpukan sampah dan aliran sungai Pesanggerahan, mereka menggelar upacara bendera Hut RI ke 47, yang tidak lazim.

Dengan semangat dan tanpa merasa terganggu ditengah tumpukan sampah, pelajar dan pemuda setempat menggelar Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-74, tahun 2019. Tidak terasa bau menyengat sampah dirasakan. Semangat dan patriotisme mereka tunjukan dengan keseriusan menggelar prosesi upacara ini.

Dewan Pembina selaku pengurus di SMK Ilhami M. Putra Zaki, yang menggagas kegiatan ini, mengaku ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa kemerdekaan itu jangan membunag sampah sembarangan dan menjaga lingkungan.

“Kami memberikan contoh dan ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan,” kata M. Putra Zaki sekaligus Panitia Acara, Sabtu (17/8/2019) di Aikmel kecamatan aikmel Lombok timur.

Usai pelaksanaan upacara M. Putra Zaki  dan rekan-rekannya, memberikan pemahaman dan edukasi terkait dengan pentingnya menjaga lingkungan. Menurutnya momentum memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 Tahun dan mendukung program pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tentang program NTB Zero Wast, dimanfaatkan betul sosialisasi kepada masyarakat.

Sebelum pelaksanaan upcara, siswa-siswi berjalan kaki sejauh 1 Km dari sekolah ke lokasi upcara. Sepanjang jalan setiap siswa diwajibkan untuk memungut sampah yang ditemukan sepanjang perjalanan dan menyimpannya ke dalam tas karung yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

 

Baca Juga :


Menurut, M. Putra Zaki, Selain menyadarkan masyarakat dan mengedukasi semua pihak merubah cara berpikir dan budaya akan buang sampah, sehingga budaya ini menjadi prioritas utama bagi segenap lapisan masyarakat, khususnya pemerintah.

Selain itu juga, untuk  mendukung Program Pemerintah NTB tentang Program Zero Waste. Zero Waste Adalah sebuah program untuk semakin peduli terhadap pentingnya lingkungan yang bersih, sehat dan indah.

Diwilayah tersebut juga untuk mendukung program Zero Waste telah dibentuk dan diresmikan Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, Bank Sampa Al- Fadhila Aikmel Timur.  Sehingga diharapkan di desa dapat mengubah sampah menjadi sumber daya yang bernilai ekonomis. Diharapkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dapat  menyukseskan semua program yang dicanangkan Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. dan Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.

Selain siswa SMK Ilhami, kegiatan ini melibatkan para tokoh masyarakat,  pemuda Dusun Cepak Daya. Upacara ini juga dihadiri oleh Dosen Ilmu Komunikasi Unram, Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Timur dan komunitas-komunitas seperti Sanggar Rakjat Cepak dan Belpas Peduli yang fokus dalam pengelolaan sampah.  (Sumber Ary-Edy Tim Media Diskominfotik NTB)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan