logoblog

Cari

Reza Apriani, Inisiator Pengerajin Lidi Punik Jaya

Reza Apriani, Inisiator Pengerajin Lidi Punik Jaya

KM. Pohgading Timur – Munculnya keperihatinan melihat problematika yang dihadapi oleh masyarakat sekitar  pada umumnya dan khususnya para pengangguran dan ibu

Cerita Inspirasi

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
29 Mei, 2019 07:18:47
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 6902 Kali

KM. Pohgading Timur – Munculnya keperihatinan melihat problematika yang dihadapi oleh masyarakat sekitar  pada umumnya dan khususnya para pengangguran dan ibu rumah tangga yang di tinggalakan ke Malaysia di Desa lendang nangka, telah membuka mata Reza Apriani untuk ikut berpikir guna menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi warga sekitar. 

Berangkat dari rasa keperihatinan dan didasari oleh keinginan membangun ekonomi masyarakat khususnya para pengangguran dan ibu rumah tangga yang di tinggali oleh suaminya ke Negara Malaysia, maka Reza Apriani mencoba untuk menjadi inisiator dalam melakukan langkah yang kreatif dan riil guna melakukan terobosan-terobosan sebagai salah satu sumbangsih dalam usaha menyelesaikan permasalahan para pengangguran dan ibu rumah tangga yang di tinggalakan oleh suaminya ke Negara Malaysia khususnya di Desa Lendang Nangka, dan desa – desa yang lain yang ada di kabupaten Lombok timur. Maka sejak tahun 2008 Reja Apriani mulai  belajar membuat kerajinan dari sapu lidi memanfaatkan sumberdaya yang ada yang sudah di tekuni oleh orang tuanya sejak lama. 

Pembuatan kerajinan dari sapu lidi yang orang tua saya lakuakan hanya begitu saja tanpa ada perubahan sejak lama seiring dengan berjalnya waktu saya membuat bebrapa inovasi dari sapu lidi yang kerapkali di buat sebagai pring saja. Dan alhamdulillah, melalui berbagai inovasi-inovasi yang saya lakukan, saat ini kami telah memproduksi berbagai macam kerajinan tangan dari sapu lidi bukan hanya piring saja melainkan banyak kerajinan yang Reza Apriani buat sendiri dan di ajarkan kepada para penggaur dan ibu rumah tangga yang di tinggalakan oleh suaminya ke Negara Malaysia. Selain itu tingkat pengangguran yang ada di Dusun Punik Jaya desa lendang nangka sudah berkurang dengan kepeloporan yang saya geluti ini.

Reza apriani adalah seorang pemudi kelahiran 2000 yang memiliki bakat yang sangat luar biasa dimana Reza Apriani menggeluti bakatnya menjadi pengerajin sejak masih berusia 8 tahun, masih duduk di bangku sekolah dasar dia sudah mampu membimbing pertukaran pemuda antar provinsi yang mengangkat masalah karya orang tuanya membuat piring dari lidi. Dari waktu itu reza apriani terus menggeluti pekerjaan yang sudah lama dilakukan oleh orang tuanya itu. 

Seiring berjalannya waktu banyak sekali suka duka yang ia rasakan membuat piring lidi mulai dari proses pembuatannya, pemasarannya dan sebagainya. Pada tahun 2012 ia kembali diminta oleh salah satu guru di SMP Terbuka 1 Masbagik untuk membimbing kakak-kakak disana membuat anyaman lidi karna pada saat itu sedang ada lomba peragaan keterampilan tingkat nasional dan 2 orang dari kakak -kakak yang ia bimbing itu terpilih menjadi peserta nasional dan alhamdulillah mendapatkan juara 2 Nasional.

Kemudian tahun 2013-2017 Reja Apriliani diminta untuk membimbing masyarakat di berbagai desa mulai dari  desa seruni mumbul, desa gunung malang, desa gelora, desa kembang kerang utara dan selatan serta beberapa desa lainnya. Ketika ia masih duduk dibangku SMA reza apriani semakin tekun menggeluti bidang kerajinan yang sudah lama di gelutinya,  karna memang hasil dari pengelolaan Lidi ini sangat besar manfaatnya untuk masyarakat. 

Melihat dari potensi alam yang ada di wilayahnya desa lendang nangka juga memang jumlah pohon kelapa sangat melimpah, hingga pada suatu hari saya berfikir untuk mengembangkan kerajinan anyaman lidi ini bukan hanya membuat piring lidi saja tetapi di kembangkan sesuai kebutuhan sekarang  menjadi tempat tisu, tempat buah, tempat aqua gelas bahkan bisa kita buat menjadi tas dari lidi yang menarik. 

 

Baca Juga :


Semakin lama ditekuni pembuatan anyaman ini ternyata semakin banyak juga ide dan inovasi yang ditemukan, dan alhamdulillah banyak sekali remaja remaji maupun ibu-ibu di wilayah saya yang berminat membuat anyaman lidi melalu bimbingan yang ada di kelompok pemuda di sekitran desa lendang nangka dan bahkan yang dari luar desa lendang nangka berdatang langsung kerumah untuk belajar membuatnya.

Alhasil banyak diantara mereka semua yang mampu memenuhi kebutuhanya dengan cara menjual hasil karya mereka, dan saya sendiri lah yang memasarkan karya mereka. Hingga saat ini ketika ada yang memesan piring lidi dalam jumlah besar kita bisa memenuhinya karna memang sekarang kita mempunyai banyak pengrajin anyaman lidi yang modal awalnya dulu diberikan oleh dinas perindustrian kab Lombok Timur. 

Reza Apriani sangat bahagia bisa membantu orang yang ada disekitarnya dengan mengajarkan kepada mereka cara membuat anyaman-anyaman hasil pemikiranya yang bisa mengurangi pengangguran dan jarang sekali warga sekitarnya pergi merantau ke Negara Malaysia atau negara tetangga lainnya semakin menurun dikarnakan hasil karya mereka di pernjual belikan melalui reza Apriani yang sudah di kenal oleh para pembeli anyaman-anyaman yang di buatnya. [By: Badri_asa]
  

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan