logoblog

Cari

KIM Kota Mataram Aktif Tangkal Berita Hoaks

KIM Kota Mataram Aktif Tangkal Berita Hoaks

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kota Mataram sangat aktif.  Mereka menjadi garda terdepan dalam mengedukasi dan meliterasi informasi

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
21 Mei, 2019 16:49:08
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 2635 Kali

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di Kota Mataram sangat aktif.  Mereka menjadi garda terdepan dalam mengedukasi dan meliterasi informasi bagi masyarakat terkait berita hoaks yang marak saat ini.

Terbentuknya KIM, menurut Kepala Dinas Kominfo Kota Mataram Drs. I Nyoman Suwandiyase, MH, melalui SK Walikota Mataram. “ Jadi gak main-main, karena KIM sangat membantu Pemerintah Kota Mataram dalam penyebaran dan pemberian informasi pembangunan di masyarakat,” sebutnya

 Sudah ada 6 KIM yang terbentuk di Kota Mataram.  Termasuk yang ada di 4 Kelurahan. Dinas Kominko Kota Mataram terus mendorong masyarakat terutama untuk membentuk KIM setiap kelurahan.

“Jadi ada 10 KIM yang aktif di Kota Mataram, yang telah di SK kan oleh Walikota Mataram, 6 KIM Kecamatan dan 4 KIM Kelurahan,” jelas Drs. I Nyoman Suwandiyase, MH saat berkunjung ke Dinas Kominfotik NTB, Selasa (21/5).

Keberadaan KIM ini terus dilibatkan dan berdayakan untuk memberikan informasi yang berimbang kepada masyarakat. Apalagi banyaknya informasi hoax yang tersebar di masyarakat lewat media sosisal.

Peran KIM yang berada langsung ditengah masyarakat diharapkan mampu berperan mencerdaskan masyarakat dalam memahami informasi dan berita. Dapat memberikan edukasi dan literasi informasi untuk masyarakat.

 

Baca Juga :


Dinas Kominfo Kota Mataram bermitra dengan KIM sebagai journalime warga, penyampai kabar dari bawah, sehingga perannya sangat strategis untuk mengedukasi masyarakat tentang informasi dan literasi media.

Dinas Kominfo Kota Mataram, terus mengawal keaktifan dan keberadaan KIM. Untuk memotifasi dan mendukung penyebaran informasi, KIM diberikan operasional pendukung. “Kami berikan uang sebesar Rp. 200.000, - setiap bulan,” tutur Kadis Kominfo Mataram.

Namun setiap tahun, jumlah untuk operasional KIM akan terus ditambah, sesuai dengan evaluasi dan keaktifan KIM dalam membantu pemerintah dalam desiminasi informasi.

Tahun 2019, pada APBD Perubahan Kota Mataram, akan diusahakan pembentukan sekretrait masing-masing KIM, sehingga keberadaan tempat dan pengurusnya jelas. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan