logoblog

Cari

Tingkatkan SDM, Diskominfotik Gelar Temu Pelajar Kreatif

Tingkatkan SDM, Diskominfotik Gelar Temu Pelajar Kreatif

Pemerintah Nusa Tenggara Barat, melalu Diskominfotik NTB, terus mendorong peningkatan SDM. Salahsatunya melalui temu pelajar kreatif di 10 Kabupaten/Kota se NTB.

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
12 April, 2019 21:47:55
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 1649 Kali

Pemerintah Nusa Tenggara Barat, melalu Diskominfotik NTB, terus mendorong peningkatan SDM. Salahsatunya melalui temu pelajar kreatif di 10 Kabupaten/Kota se NTB.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Dokumentasi Informasi Dinas Kominfotik NTB Tarmidji, S. Kom., ME, kegiatan ini meningkatkan pengetahuan siswa tentang Teknologi Informasi (TIK) dan manfaatnya.

"Dinas Kominfotik NTB merespon misi Gubernur Zulkieflimansyah, NTB Sehat dan Cerdas, dengan temu pelajar kreatif ini," kata Tarmidzi, Kamis (11/4)  aula SMAN 1 Bolo Kabupaten Bima.

Sasaran kegiatan ini adalah kaum milineal, terutama siswa-siswi SMA sederajat. Dengan diberikan edukasi dan pemahaman tentang TIK dan memanfaatkannya sebagai peluang ekonomi, mampu merubah pola pikir generasi penerus ini.

"Kita harap dengan HP ditangannya mampu menciptakan peluang ekonomi, misalnya manfaatkan untuk jual jajanan bima yang telah dikemas, kasih caption dan foto lewat Facebook atau media sosial lainnya," harap Tarmidzi.

Kegiatan yang digagas Diskominfotik, bekerjasama dengan Komunitas Kampung Media di tiap Kabupaten/Kota, juga merupakan langkah membangun kemitraan dan pemberdayaan komunitas yang telah bersama Dinas Kominfotik selama 10 tahun ini.

Keberadaan Kampung Media yang telah dibangun dan dibina sejak tahun 2008-2018, menjadi mitra  kegiatan temu kreatif ini. Tahun 2019, komunitas kampung media telah mandiri, tetapi tetap menyampaikan informasi.

Lebih lanjut Tarmidzi mengatakan, selain temu kreatif pelajar, setelah Ramadhan akan diselenggarakan kegiatan tentang literasi media. Tujuannya meningkatkan kapasitas masyarakat dalam memanfaatkan media dengan berbagai bentuknya sebagai sarana penyeberluasan informasi.

Penutup akhir tahun, Dinas Kominfotik akan menyelenggarakan Anugerah Duta Informasi, tentang lomba penulisan kreatif, desain poster, lomba foto kreatif dan film pendek bagi pelajar dan umum. " Saya harap dari SMA 1 Bolo ada yang ikut," ajak Tarmidzi.

 

Baca Juga :


Diakhir sambutannya, Tarmidzi memperkenalkan Aplikasi pengaduan, NTB CARE, untuk menyampaikan aspirasi, permasalahan dan keluhan masyarakat yang direspon cepat oleh pemerintah.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Bolo Kabupaten Bima Dra. Emy, S. Pd mengatakan kepadanya siswannya, patut berbangga karena sekolah ini terpilih dilaksanakannya kegiatan dari Pemrov. NTB.

Banyak sekali SMA sederajat di 18 Kecamatan se Kabupaten Bima, namun sekolah SMAN 1 Bolo dipilih untuk kegiatan Temu Pelajar Kreatif. "Maka dengarkan dan simak dengan baik paparan materi dari narasumber," tegas Emy.

Emy juga mengungkapkan, SMAN 1 Bolo telah memiliki lab TIK bantuan dari Kemendiknas. Sehingga siswa rata-rata sudah mengenal TIK. Akan tetapi pemanfaatannya belum menghasilkan peluang ekonomi.

"Saya melihat alat TIK seperti Komputer, Laptop dan HP Smatphone hanya dipergunakan untuk bermain game, foto, upload status atau mengetik saja," ucap Kepsek.

Besar harapannya, temu pelajar ini, siswa menjadi generasi yang kreatif, mampu memanfaatkan TIK sebagai media yang menghasilkan peluang ekonomi untuk masyatakat sekitar.

Temu Pelajar Kreatif di ikuti oleh 50 orang siswa-siswi, dengan tema Penerapan Teknologi Informasi (TIK) Sebagai  Peluang Ekonomi, diberikan juga pelatihan tentang penulisan kreatif oleh Rafika dan Pemanfaatan TIK oleh Yudha dari anak kampung media kabupaten Bima. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan