logoblog

Cari

Tingkatkan Kemampuan Diri Menjawab Tantangan Era IT

Tingkatkan Kemampuan Diri Menjawab Tantangan Era IT

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang begitu cepat menuntut kita untuk terus beradaptasi dengan tuntutan jaman. Termasuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
26 Maret, 2019 06:58:00
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 2329 Kali

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang begitu cepat menuntut kita untuk terus beradaptasi dengan tuntutan jaman. Termasuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) supaya tingkatkan kemampuan diri.

"Harapan kita bersama yang telah didukung oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kominfotik NTB untuk menfasilitasi peningkatan SDM KIM melalui kegiatan ini," ungkap Kepala Dinas Kominfostik kabupaten Bima H.Abdul Wahab Usman, SH, M. Si.

KIM menjadi pioner terdepan dalam menjembatani informasi di tingkat bawah. Dapat memberikan informasi dari masyarakat kepada pemerintah atau pemerintah kepada masyarakat.

Pemkab Bima telah ditetapkan sebagai kabupaten literasi. KIM diharapkan ikut mendukung gerakan literasi yang sudah dicanangkan melalui Perbup Bima.

"Sehingga keberadaan KIM menjadi media parner pemerintah mensosialisasikan program pemerintah, terus mengedukasi masyarakat tentang konten negatif dan berita hoaks yang berkembang di media sosial," pesan Abdul Wahab.

SDM KIM yang telah diperkenalkan dan dimotivasi tentang pemanfaatan TIK juga harus mampu melihat potensi dimasyarakat sebagi peluang ekonomi. "Adanya temu kreatif memperkenalkan pasar kampung online manfaatkan dengan baik," tegas Wahab.

Sementara Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik Provinsi NTB  Fairuz Abadi, mengatakan bahwa saat ini kegiatan penjualan online atau starup kegiatan yang mempunyai nilai ekonomi secara online menjadi aktivitas yang cukup diperhitungkan.

Keberadaan Kampung Media selama 10 tahun sudah berhasil mengubah budaya bertutur menjadi budaya menulis. "KM sudah mandiri, tugasnya sekarang terus menulis dan mengawal KIM," kata Fairuz.

Tahap selanjutnya Pemrov. NTB ingin mendorong KIM dan Kampung Media melihat peluang pemanfaatan teknologi informasi sebagai peluang usaha dalam peningkatan ekonomi kreatif.

 

Baca Juga :


"Kami telah memulainya pada tahun 2018, dengan mempekenalkan pasar kampung online sebagai media untuk mengkatkan peluang usaha, berjualan online atau starup bahasa kerennya,"kata Kabid IKP.

Tahun 2019 ini, Peningkatan Kapasitas SDM Pelatihan Pasar Kampung Online hadirkan salahsatu pengusaha jamu dari Mataram yang berhasil memanfaatkan TIK sebagai media untuk mempromosikan produknya.

Nasrin H. Muhtar atau dikenal dokter jamu ini berbagi pengalaman tentang perjalanan karirnya. Merintis usaha hingga mampu mengekpor produk lokal dari pohon kelor.

"Memulai usaha itu harus dengan modal niat dan nekad, saya hanya lulusan SMP, merantau di Makasar nenjadi tukang sapu. Kemudian tahun 1993 datang ke Lombok untuk melanjutkan usaha jamu dan daun kelor,alhamdulillah terus berkembang usaha ini," cerita Nasrin.

Menurut Pria asal Kilo Dompu ini dalam usaha yang harus dilihat peluang usaha dan pangsa pasar. Setelah itu melihat penyediaan potensi alam atau bahan bakunya. "Daun kelor yang saya olah menjadi teh dan olahan lainnya bisa diexpor hingga Jepang dan Eropa," ungkapnya.

Dijaman digitalisasi pemanfaatan teknologi informasi harus maksimal. "Saya pasarkan semua produk saya lewat media online, baik itu media sosial maupun starup, ini harus dimanfaatkan benar," kata Nasrin.

Makanya," saya ajak rekan-rekan untuk memanfaatkan potensi dan peluang yang ada disekitar kita sebagai peluang usaha dalam menigkatkan ekonomi kita," pesan pengusaha jamu ini.

Pelatihan KIM Se-Kabupaten Bima untuk Peningkatan Kapasitas SDM dalam Pelatihan Pasar Kampung Online, Kerjasama Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB dan Diskominfostik Kabupaten Bima di ikuti 30 KIM dan Kampung Media, Senin (25/3) di Gedung PKK Kabupaten Bima. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan