logoblog

Cari

Mataroa Si Penyaji Data Daerah

Mataroa Si Penyaji Data Daerah

Mataroa berasal dari bahasa Bima. Mataroa artinya yang jelas atau yang bercahaya. Mataroa serupakan nama sebuah aplikasi E-Monitoring Control Berbasis IT.

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
16 Maret, 2019 11:15:45
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 19448 Kali

Mataroa berasal dari bahasa Bima. Mataroa artinya yang jelas atau yang bercahaya. Mataroa serupakan nama sebuah aplikasi E-Monitoring Control Berbasis IT. Ide dasar aplikasi Mataroa berawal dari keinginan pemerintah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pembangunan, serapan anggaran dan program pemerintah di Kabupaten Bima.

"Ketika membuka aplikasi ini, 1 menit anda membukanya akan disajikan semua informasi di daerah," jelas Syarifuddin H. Ndae, ST., MT, Kasubag Evaluasi Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Bima saat hadir di Inspiratif Expo akhir Februari lalu.

Syarifuddin yang menginisiasi dan merancang aplikasi ini menjelaskan bahwa, Mataroa berisi semua informasi didaerah, ada program kerja pemerintah, kemajuan fisik pembangunan, APBD, serapan anggaran, proses pengadaan LPSE, ULP, proyek pemerintah, pelaksana proyek, termasuk foto dan lokasi ada disini. jadi semua informasi pemerintah terangkum pada aplikasi ini.

Kemudian ada informasi  kegiatan pimpinan daerah atau OPD. Ada jadwal-jadwal tentative kegiatan Bupati, Wakil Bupati atau pimpinan daerah. “Masyarakat dapat mengetahui kegiatan pemerintah pada aplikasi ini,” ucap Alumni Universitas Brawijaya 2006, Jurusan Manajemen Rekayasa Konstruksi ini.

Menurut pria yang biasa disapa Syaf ini, di era keterbukaan informasi, Mataroa hadir untuk memberikan pelayanan public kepada masyarakat yang ingin mengetahui kegiatan pemerintah di Kabuapten Bima. “Banyaknya masyarakat, mahasiswa, LSM, Aktivis yang ingin mengakses dan mendapatkan informasi, sehingga disajikan dalam aplikasi ini.

Sistem Evaluasi, Monitoring dan Pengendalian Pembangunan Daerah E-Monitor Control “MATAROA”berbasis ANDROAID Lingkup Daerah Kabupaten Bima dapat Meningkatkan sistem monitoring dan evaluasi terhadap kinerja pelayanan publik, ,Meningkatkan profesionalisme ASN.

Sistem ini juga diharapkan dapat mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan guna meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.

E-Monitor Control “MATAROA” merupakan layar monitor control yang kompleks, hasil Inovasi sebagai Areal perubahan Pelayanan public,  memuat Aplikasi RUP (Rencana Umum Pengadaan) keseluruhan daftar paket – paket proyek yang akan dilakukan pada tahun anggaran tiap tahunnya.

Ada juga Aplikasi LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektrolik) berisi  Seluruh kegiatan pengadaan yang terdiri dari identifikasi kebutuhan Barang/Jasa, rencana anggaran Biaya proyek dan lainnya. Memuat juga Aplikasi TEPPA (Tim Evaluasi Pengendalian Percepatan Anggaran) sistem pelaporan penyerapan anggaran dari pelaksanaan pengadaan barang/jasa, Belanja langsung maupun Belanja Tidak langsung belanja pegawai.

Selain itu, ada Aplikasi SMEP (Sistem Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Daerah) Sistem monitoring evaluasi dan pelaporan Kegiatan Belanja Langsung yeng bersumber Dana DAU , DAK Memuat pula foto–foto kegiatan Daerah dan foto-foto kemajuan Fisik proyek yang dimuat secara langsung kondisi dilapangan secara update.

 

Baca Juga :


Diakuinya, Sudah banyak masyarakat kabupaten Bima yang sudah terbantukan dengan adanya aplikasi ini, untuk memperoleh informasi tentang daerah di berbagai sektor.

Aplikasi E-Monitoring Control Berbasis IT ini, tentunya mengajarkan dan mengedukasi masyarakat untuk mengenal informasi melalui dunia teknologi dan informasi. Apalagi saat ini masyarakat sudah familiar dengan Handphone berbasis android.

Namun aplikasi Mataroa ini, kedepan perlu disempurnakan dengan menambah informasi yang lengkap dari bebarapa OPD yang belum terintegrasi dengan aplikasi ini. Sinergi  informasi capaian dari program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Bima perlu rutin diupdate.

“Sehingga Informasi yang ditampilakan di aplikasi berbasis android dan web ini sempurna sebagai inovasi pelayanan public, sesuai dengan motonya Mantap dan Taroa Orangnya Ramah,”ucap ASN penyuka olahraga tenis ini.

"Masih ada beberapa informasi capaian OPD yang belum semuanya dimasukan karena kendala laporan dan data yang lengkap dari beberapa OPD, ini yang akan kami perbaiki kedepan," kata pria kelahiran Sila Timu Kecamatan Bolo, 45 tahun yang lalu.

Aplikasi Mataroa juga akan dikembangkan dengan memiliki admint utama dan admin pendukung yang ada di OPD. Ada sistem yang tersentral dan dan sistem lainnya sebagai pendukung. Ini merupakan bagian dari pelayanan publik untuk menjembatani informasi daerah sehingga tatakekola pemerintah yang berbasis IT, transparan dan akuntabel tercapai.

“Kalau mau tau tentang informasi daerah di Bima, silakan buka palystore pada HP androidnya dan bisa di unggah dan aplikasinya di instal pada Handphone yang berbasis Android atau handphone pintar atau Smarphone,” jelas Syarifuddin.

Aplikasi Mataroa masuk dalam Top 10 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik NTB (eNTeBeNOVIK) tahun 2018. Yang mendapatkan penghargaan dari Gubernur NTB. Pada upacara NTB Gemilang yang dilaksanakan Senin 18 Februari 2019, di lapangan bumi gora kantor Gubernur NTB. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan