logoblog

Cari

Paket Wisata Desa Hadir di Inspiratif Expo

Paket Wisata Desa Hadir di Inspiratif Expo

Pada kegiatan Inspiratif Expo yang digagas Dinas Kominfotik NTB, pekan ke 4 di tahun 2019 menghadirkan Tim Kecamatan Unter Iwes tampil

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
03 Maret, 2019 21:59:43
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 1258 Kali

Pada kegiatan Inspiratif Expo yang digagas Dinas Kominfotik NTB, pekan ke 4 di tahun 2019 menghadirkan Tim Kecamatan Unter Iwes tampil mempromosikan produk unggulan warganya di “Inspiratif Expo” saat Car Free Day di Jalan Udayana Mataram (3/3/19).

Camat Unter Iwes Kabuapten Sumbawa Evi Supiati, didepan pengunjung Inspiratif Expo memperkenalkan produk hasil dari masyarakat yang dipimpinya.

Menurutnya, jenis-jenis kue atau jajanan yang mungkin sudah lama menjadi ciri khas kecamatan Unter Iwes yang ingin dipromosikan. Kue ini merupakan jajanan rakyat yang biasa dibuat oleh masyarakat desa ketika ada hajatan.

“Selain terkenal dengan madu sebagai produk primadonanya, Kabupaten Sumbawa ternyata menyimpan potensi hasil karya UKM dari desa.

Kami mengkhususkan dan mengangkat kembali produk jaman dulu atau jadul istilah kerenya, yang dihasilkan oleh masyarakat kecamatan Unter Iwes.

Namun dikemas dengan menarik sehingga menarik untuk dipasarkan. Ada jenis kue seperti tepung lapo, tepung pla, manjarea. Ada juga sambal masien, ada sambal sirawir, ada terasi, ada kawa punti atau kopi rasa pisang, minuman penambah energi yang terbuat dari rempah, madu hitam, minyak sumbawa.

Hasil kerajinan ini terbuat dari limbah kayu jati sisa produk mebel, batok kelapa dan potongan bambu yang tidak terpakai. “Ini hasil olahan tangan karya masyarakat dari barang sisa atau limbah, namun diubah menjadi karya yang bernilai ekonomis oleh pemuda setempat,” kata Evi.

Kami menginisiasi masyarakat untuk menyediakan promosi dan pasarkan hasil karya mereka. “Kami memang tidak menghasilkan produk, namun menjadi portal bagi masyarakat untuk medapatkan produk-produk dari kabupaten Sumbawa,”ujar Ibu Camat.

Pemerintah Kecamatan Unter Iwes ingin mengangkat pariwisata berbasis masyarakat. Paket ini natural tanpa dibuat-buat, dengan memanfaatkan budaya dan tradisi yang ada di masyarakat Unter Iwes.

 

Baca Juga :


Ada paket One Day Trip Desa Pelat yang didalamnya bisa mengikuti dan belajat kerajinan masyarakat setempat, seperti belajat menenun. Jalan-jalan di area persawahan, perkampungan dan fasulitas snak berupa jajanan rakyat dan makan ala Unter Iwes.

“Kita menawarkan paket budaya dan tradisi yang dilakukan oleh warga setempat,” kata Evi

Hadir juga pada IE kali ini Go Live, aplikasi yang merupakan bagian dari Go Jek ini menawarkan produk baru yang baru hadir di Mataram.

“Tahun 2018 Go Live sudah hadir di Mataram untuk menyentuh sisi gaya hidup masyarakat kota Mataram, gaya hidup itu ada Go Masas, Go Clean dan Go Auto,”jelas Romy.

Layanan Go Masas untuk pijat keluarga, Go Clean layanan bersih-bersih rumah, sedangkan Go Auto layanan cuci mobil dan motor. Konsep Go Jek itu by aplikasi, jadi bisa dipesan lewat HP, dengan cara mendowload aplikasi ini lewat playstore.

Inspiratif Expo kali ini juga, menghadirkan Mutia siswa kelas III SMP 3 Mataram membawakan tari merak anjelo. Atraksi atlit Taekwondo Sheila Intan Permata yang akan mewakili NTB di Open Turnamun Malaysia dan atraksi Vamous Barongsai Kota Tua Ampenan. Aneka kuliner dari Toko Tani Indonesia, UKM Dolar 99 dan UKM lainnya hadir di keceriaan pagi Car Free Day Udayana. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan