logoblog

Cari

SIM SPAB Solusi Mitigasi Bencana Sejak Dini

SIM SPAB Solusi Mitigasi Bencana Sejak Dini

NTB merupakan salahsatu daerah yang masuk wilayah rawan gempa bumi di Indonesia. Bencana gempa bumi yang telah melanda NTB beberapa bulan

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
01 Maret, 2019 19:57:32
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 3213 Kali

NTB merupakan salahsatu daerah yang masuk wilayah rawan gempa bumi di Indonesia. Bencana gempa bumi yang telah melanda NTB beberapa bulan yang lalu, menyisahkan cerita duka bagi masyarakat. Tidak terkecuali bagi guru dan pelajar di satuan pendidikan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk dapat menghadapi musibah pada masyarakat maupun pelajar adalah membangun budaya sadar bencana. Memperkuat mitigasi dan edukasi terkait bencana yang harus diperkuat sejak dini. Masyarakat seharusnya sudah mulai membudayakan perilaku sadar bencana.

Sehingga Untuk memberikan kemudahan dibidang Pendidikan dalam menginventarisir dan mengumpulkan data sekolah-sekolah yang telah memberikan edukasi mitigasi bencana bagi guru dan siswanya,  komunitas Lumbung Inovasi asal Lombok NTB menggagas sebuah aplikasi Sistem Informasi Monev Satuan Pendidikan Aman Bencana (SIM SPAB).

Komunitas Lumbung Inovasi ini, adalah kumpulan anak – anak muda NTB yang membantu memecahkan permasalahan dengan inovasi – inovasi dibidang teknologi.  Pencetus aplikas SIM SPAB, Lalu Lian Hariwangi menjelaskan data tersebut akan menjadi acuan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk penanganan dan pencegahan bencana di masa akan datang.

“Aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi dikbud dalam mengumpulkan data sekolah-sekolah yang telah memberikan edukasi mitigasi bencana bagi guru dan siswanya, Sehingga pemerintah dapat memberikan Pendidikan khusus cara dan apa yang dilakukan ketika terjadi bencana seperti gempa bumi, banjir dan lainnya,” jelas Lalu Lian Hariwangi.

SIM SPAB merupakan satu sistem terpadu untuk membantu proses monitoring dan evaluasi. Sehingga memberikan dampak yang lebih baik dalam peran aktif peningkatan ketangguhan sekolah menghadai bencana.

Salah satu pendekatan yang dilakukan, memastikan kesiapan satuan pendidikan untuk menghadapi bencana. Sehingga perlu monitoring dan evaluasi secara berkala, agar standar keselamatan, kesiapsiagaan dan hal-hal penting dalam menghadapi bencana telah dilakukan.

Melaui sistem ini pemerintah dapat memantau secara mudah untuk persiapan, kebutuhan dan kekurangan yang perlu diperkuat. Sistem akan mempermudah setiap pimpinan daearah memantau setiap saat kegiatan penerapan dan penguatan sekolah menghadapi bencana.

 

Baca Juga :


Untuk memastikan terlaksananya aplikasi ini, telah disusun roadmaps dan modul SPAB yang berisi panduan agar sekolah aman dan siap menghadapi bencana. Kegiatan monitoring dan evaluasi secara cepat untuk mengetahui penerapan dan kekurangan yang perlu diperbaiki.

Penyempurnaan aplikasi sedang disiapkan system yang memudahakan dalam melakukan monitoring dan evalusi. Salah satunya dengan aplikasi berbasis mobile phone yang dapat digunakan monitoring dan evaluasi. “Dengan adanya sistem tersebut tentu akan memudahkan dalam monev program SPAB,” kata Lalu Lian CEO Lumbung Inovasi yang bekerjasama dengan Kemendikbud.

SIM SPAB, merupakan satu aplikasi yang fokus digunakan monitoring dan evaluai program SPAB di seluruh sekolah di indonesia. sistemya akan nantinya terintegrasi dengan Sistem lainnya untuk memudahkan pertukaran data antara berbagai instansi. selain itu nantinya akan menjadi satu sarana untuk sarana platform edukasi untuk pihak sekolah

“ Ada dua jenis aplikais yang dikembangkan, untuk pencatatan dapat digunakan tanpa koneksi internet adalah dalam bentuk versi Android. Sedangkan untuk analisis data secara otomatis dapat menggunakan versi website,” ungkap Alumni Unram ini.

Pemerintah Provinsi NTB, melalui Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. launching Aplikasi Sistem Informasi Monev Satuan Pendidikan Aman Bencana (SIM SPAB) yang berlangsung di Hotel Lombok Astoria, Selasa (26/02), mengapresiasi hasil karya  anak – anak muda NTB dalam mengembangkan diri untuk membuat sebuah inovasi menjadi sebuah kebanggaan NTB. Termasuk Perwakilan Kemendikbud RI, yang diwakili Direktorat Pembinaan PKLK Zam Zam Muzakir.

Aplikasi SIM SPAB ini merupakan hasil karya anak-anak muda NTB yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebydayaan RI, dalam memberikan pendidikan kebencanaan khususnya bagi tenaga pendidik dan siswa yang ada di NTB. (Edy - Tim Media Diskominfotik NTB)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan