logoblog

Cari

Publikasi Rehabilitasi Gempa Harus Masif

Publikasi Rehabilitasi Gempa Harus Masif

Sekretaris Dinas Kominfotik Ahmad Fairuz Abadi, menyampaikan bahwa sosialiasi dan informasi dengan visual dan pemberitaan mengenai penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
16 Januari, 2019 18:39:01
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 6086 Kali

Sekretaris Dinas Kominfotik Ahmad Fairuz Abadi, menyampaikan bahwa sosialiasi dan informasi dengan visual dan pemberitaan mengenai penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa sejak bulan Agustus 2018 yang lalu, di Lombok Timur dan KLU belum dipahami sepenunya oleh masyarakat.

Menurut Fairuz, penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa perlu formulasi sederhana dalam mengabarkan tentang penanganan ini. Publikasi dan sosialiasi yang masif kepada public atau masyarakat. Tentunya dengan melibatkan semua pihak.

“Kita perlu membuat sebuah tatacara dalam proses awal hingga akhir dalam penanganan rehabilitasi dan rekontsruksi pasca gempa. Misalnya visualisasi tutorial tentang pembentukan kelompok masyarakat (Pokmas) atau pembuatan rumah model Risha, Rikha dan lainnya, dari awal hingga akhir” jelas pria yang akrab disapa Abu Macel.

Disamping itu, visualisasi dalam testimoni kepada masyarakat yang sudah dibangun rumahnya perlu dibuat segera. Ini salah satu cara secara tidak langsung menjawab pertanyaan atau ketidaktahuan masyarakat.

“Pembuatan visualisasi dapat dilakukan sepekan pertama dengan Tim yang telah ada, kemudian diakhir perlu juga tetap mempublikasikan tentang perkembangan infromasi yang diperbaharui tentang data hunian tetap yang akan dibangun, sedang dibangun dan sudah dibangun. Termasuk Pokmas yang sudah dibentuk dan anggarannya,” ungkap Sekdis Kominfotik ini.

 

Baca Juga :


Setelah visualisasi berupa video maupun grafisnya telah dibuat maka secara massif oleh kelembagaan maupun perseorangan pada OPD atau Lembaga mempublikasikan informasi ini.

Hal itu disampaikan dalam rakor penanganan publikasi progress rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa, yang dihadiri oleh Plt Karo Humas NTB Najamuddin Amy, Kabid IKP Kominfo KLU Nanang Hermansyah, Kabag Humas KLU Deddy Mujaddid, PT. Telkom, TVRI dan Tim Media dari Humas dan Dinas Kominfotik NTB.

Usai rakor ini, kesimpulan dan data akan disampaikan oleh Kalak BPBD, Kepala Dinas Kominfotik dan Humas Provinsi NTB, pada jumpa pers dengan media cetak, elektronik dan online. Sehingga langkah awal dalam mengkounter informasi dimasyarakat dapat tersampaikan dengan baik dan jelas. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan