logoblog

Cari

Masyarakat Desa Kukin Sumbawa Belajar Berinternet dan Mengenal TIK

Masyarakat Desa Kukin Sumbawa Belajar Berinternet dan Mengenal TIK

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Desa tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada pemamfaatan jaringan internet Balai Informasi Teknologi dan Edukasi (Balai ITE)

Cerita Inspirasi

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
29 November, 2018 10:53:23
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 5559 Kali

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Desa tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada pemamfaatan jaringan internet Balai Informasi Teknologi dan Edukasi (Balai ITE) Dinas Kominfotik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar  sosialisasi manfaat pelayanan internet, Rabu (28/11) Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara  Kabupaten Sumbawa.

Kepala Balai ITE Ir. H. M. Ilham, M.M mengatakan bahwa dasar kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman masyarakat di Desa tentang pentingnya penggunaan internet. “Di era Digital ini, kemajuan jaman terutama di bidang TIK begitu cepat, masyarakat perlu mengetahui dan mempelajari tentang kemajuan jaman ini,” jelas Ilham.

Desa kukin merupakan salahsatu dari 6 desa yang ada di Kecamtan Moyo Utara yang menjadi tempat kegiatan sosialisasi tentang internet dengan memperkenalkan sosialisasi pelayanan internet menggunakan fasilitas mobil MCAP (mobile communication access point) milik Dinas Kominfotik NTB. “Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada masyarakat tentang internet dan memperkenalkan mobil MCAP sebagai penyedia layanan internet,” katanya.

Masyarakt  desa Kukin  tingkat penggunaan internetnya masih kurang. Salah satu penyebabnya adalah kualitas jaringan yang tersedia belum maksimal. Sehingga pemerintah setempat, yakni diskominfo kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan balai ITE mengadakan sosialisasi internet bermanfaat kepada masyarakat setempat,” jelas Kepala Balai ITE ini.

Diharapkan masyarakat dapat mengikuti kegiatan ini dengan optimal. Sehingga masyarakat bisa mengenal dan memanfaatkan internet secara bijak. Internet juga dapat memberikan dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat.

Mewakili Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa, Sekertaris Dinas (Sekdis) Rahman Anshori Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfotik Provinsi NTB yang telah menfasilitasi kegiatan pengenalan internet dan sehat berinternet.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama Dinas Kominfo Kabuapten Sumbawa dan Dinas Kominfotik NTB untuk mengadakan sosialisasi dan pengenalan tentang dunia internet bagi masyarakat di desa Kukin, sehingga memahami tentang menfaat internet,” ujar Rahman

 

Baca Juga :


Salahsatu warga desa Kukin, Amir (30) merasa senang dengan kegiatan ini. “Kami sudah sedikit tahu tentang internet, namun dengan adanya sosialisasi dan Pendidikan tentang internet dari pemerintah kami makin tahu manfaat dan ruginya berinternet,” sambut Amir.

Warga yang lain juga seperti Burhan (50) merasa Senang, antusias dan penasaran dengan internet. “Dengan belajar dan tau tentang internet saya mengerti dampak positif dan negatif internet, serta menggunakan internet secara bijak, yang lebih penting pengawasan pemanfaatan internet bagi anak-anak kami dirumah, karena internet dapat diakses lewat Hanphone juga,” jelas Burhan.

Disamping itu pula, dengan  internet masyarakat dapat mengakses berbagai situs untuk mengetahui berbagai teknik dan pola menanam yang baik untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat dengan tujuan agar sistem pertanian yang diterapkan oleh masyarakat dapat lebih ditingkatkan ke taraf yaag lebih naik sehingga hasil yang diperoleh pun lebih optimal dan terus meningkat.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Kabid Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa Suparman, Sekretaris Camat Moyo Utara, kepala desa, aparat desa, Kepala Dusun, ketua RT dan Masyarakat desa kukin termasuk pemuda desa setempat. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan