logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bahagianya Mendapat Bonus Menulis di Kampung Media

Bahagianya Mendapat Bonus Menulis di Kampung Media

Menulis adalah bagian dari hidup saya. Dengan menulis, segala sesuatu yang terjadi pada diri saya akan segera tertuang. Bisa dalam bentuk

Cerita Inspirasi

Muhammad Madun Anwar
Oleh Muhammad Madun Anwar
28 Desember, 2017 09:13:03
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 3070 Kali

Menulis adalah bagian dari hidup saya. Dengan menulis, segala sesuatu yang terjadi pada diri saya akan segera tertuang. Bisa dalam bentuk puisi, cerpen, novel, atau pun sekedar cerita saja. Namun, ada hal yang tidak perlu ditulis, yaitu tentang sesuatu yang memang tidak ingin dibagi. Apa yang terjadi ketika sudah menulis? Kepuasan hati. Kadang, ada hal yang menjanggal di hati bisa saja hilang karena menulis. Dan, secara tidak langsung, bisa saja menjadi refrensi bagi orang lain. Maka dari itu, saya usahakan menulis memang benar-benar bermanfaat.

“Sampaikan informasi bermanfaat meski satu kalimat.” Mungkin, inilah kaliamat yang tepat yang bisa saya ambil dari moto Kampung Media. Saya berharap, sepanjang apa pun, atau sebaliknya tulisan saya, saya berharap itu bisa bermanfaat. Paling tidak, dengan membaca tulisan saya, semoga orang bisa tergerak untuk mau menulis juga. Bukankah itu lebih baik daripada berdiam diri?

Apa sih manfaatnya menulis? Saya tidak tahu pasti. Yang pasti, tiap menulis, ada saja yang ingin ditulis. Ke tempat wisata, ingin rasanya ditulis. Tiap baca buku, ingin rasanya mengulasnya. Menonton film, inging rasanya direview. Makan makanan yang enak, ingin menulis bagaimana rasanya. Dan... sepertinya ini memang efek dari kebiasaan menulis. Walau pada dasaranya, menulis itu mengandalkan yang namanya mood. Tapi percayalah, jika terbiasa menulis, pasti dalam seminggu ada saja yang ditulis.

Selain efek di atas, manfaat lainnya adalah... ini sebenaranya adalah bonus. Setiap orang pasti menginginkan ini. Tapi percayalah, saya menomorkan terakhir tentang hal itu. Yang terpenting adalah kepuasan hati. Semoga saja saya tidak berlebihan. Hingga pada akhirnya, saya menemukan sebuah bonus yang tidak terkira. Apa itu? Diundang ke hotel di Mataram. Bagaimana perasaan saya?

Dilihat ke belakang, saya di tahun 2014 memutuskan untuk membuat blog di Kampung Media. Saya mencoba agar apa yang saya tulis bisa dibaca oleh orang NTB. Dan benar, ternyata dalam sehari, satu tulisan bisa dibaca oleh orang lebih dari puluhan. Jika itu blog pribadi, mungkin hal itu tidak akan terjadi. Hal tersebut menjadi penyemangat. Hingga akhirnya, saya mencoba untuk rutin untuk menulis. Walau pada kenyataannya, itu berselang beberapa minggu atau bulan. Tapi setidaknya, saya pernah menulis. Benar begitu?

 

Baca Juga :


Hingga tahun berganti tahun, dan akhirnya, sebuah bonus itu datang. Tanpa saya harapkan. Tidak pernah saya pikirkan tiba-tiba ada sebuah undangan yang hadir ke Whatsapp saya. Sepertinya, ini adalah sebuah mimpi. Tapi kembali lagi, ini nyata. Seharusnya saya kembali ke kenyataan. Ya, saya diundang untuk hadir ke Hotel Lombok Astoria. Siapa yang undang? Tidak lain tidak bukan adalah pengolala Kampung Media yaitu Pak Fairus. Dengan adanya undangan ini membuat saya tidak bisa tidur. Banyak hal yang saya pikirkan. Yang paling sering terlintas adalah, “Kenapa saya diundang?”

Ya, mungkin bagi teman-teman, ini adalah hal yang berlebihan. Tapi memang begitulah kenyataan, sebab ini adalah pertama kali saya diundang karena menulis. Maka dari itu, saya merasakan respon yang mungkin saja dianggap berlebihan. Lalu apa yang saya lakukan? Tentu saya mempersiapkan diri untuk bergegas hadir untuk mengikuti acara tersebut. Dan tidak bisa dipungkiri adalah saya bahagia.

Ketika sudah mengikuti acara tersebut, saya menyadari bahwa orang hebat itu ada di mana-mana. Tidak dipandang dari mana lokasi rumahnya, siapa orangnya, yang terpenting adalah mereka mau bergerak untuk menulis, mengabarkan apa yang memang mereka ingin kabarkan. Melihat hal itu, saya merasa begitu terharu. Jadi, mulai dari sekarang, saya ingin menulis terus. Walau waktuya berjarak lama atau tidak, yang penting saya menulis. Tidak peduli banyak atau tidaknya orang membacanya. Intinya, setiap tulisan pasti ada yang membacanya. Bukan begitu? []



 
Muhammad Madun Anwar

Muhammad Madun Anwar

Bertekat membahagiakan kedua orang tua dan keluarga. Sekarang berprofesi sebagai guru honorer di salah satu sekolah Negeri pinggiran di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB. Dapat dihubungi ke: 085-903-157-401. E-mail: muhammadadoeen@yahoo.co.id.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan