logoblog

Cari

Tutup Iklan

Saatnya Berliburan Ke Desa Wisata

Saatnya Berliburan Ke Desa Wisata

Beberapa hari yang lalu kedatangan tamu special dari teman-teman pengurus Gerakan Pemuda Lombok Tengah (Gapura Tastura) Minggu 03/17.  Mereka melakukan

Cerita Inspirasi

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
07 Desember, 2017 10:19:46
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 18813 Kali

Beberapa hari yang lalu kedatangan tamu special dari teman-teman pengurus Gerakan Pemuda Lombok Tengah (Gapura Tastura) Minggu 03/17.  Mereka melakukan kunjungan kerumah di kediaman saya Lombok Tengah tepatnya di desa tanak beak Kec.Batukliang Utara Dusun Dasan Agung Lebe.

Secara pribadi tentunya merasa bersyukur dengan kedatangan mereka karena memang sudah cukup lama tidak pernah datang berkunjung, dan kerinduan diskusi didalammya sangat terasa. Disatu sisi juga inilah cara kami membangun silaturrahim antar pengurus dengan jajaran bawahannya.

Dengan jamuan sederhana yang sudah saya komunikasikan sebelumnya, sehingga dipersiapkan oleh kakak dirumah dan orang tua kita menikmati bersama secara kebetulan kita lapar dan belum sempat sarapan waktu itu dan sama-sama datang dari Mataram walaupun dengan aktivitas yang berbeda karena konfirmasinya hari itu mereka mau datang dan ingin berkunjung ke wisata kampung Buah Naga, kampungnya anak kampung media karena kampung saya inilah menjadi tempat kelahiranku tahun 1991 beberapa puluh tahun yang lalu.

Saat kunjungan mereka merasa senang dan nyaman memetik langsung buah naga di pohonnya dengan tiket masuk 15 rb dan menikmati sepuasnya dengan pemandangan indah nan alami di pelosok desa menikmati udara segar menjadi tempat satu-satunya liburan yang tepat bagi para anak muda, orang tua dengan keluarganya, bahkan para pejabat daerah yang super sibuk dengan tugas yang mungkin belum bisa diselesaikan  dengan baik.

Sebelum mereka datang saya bersama Sekdes Desa Tanak Beak Adi, dan Muliadi teman saya di Somasi NTB salah seorang pengurusnya datang bersama istrinya datang kesana berkunjung ke wisata buah naga berdikusi shering pengalaman, pelan-pelan agar menjadi satu pemamahaman dalam membangun dan mengembangkan desa wisata

So, saatnya orang Kota berliburan ke desa, mempopulerkan orang desa, karena orang-0rang hebat, Kreatif, Inovatif, Inspiratif itu ada pelosok desa yang mampu menginspirasi Indonesia dan beralih dari warna biru pantai yang ada di Senggigi, Malimbo bahkan yang ada di Gili Terawangan dan sebagainya walaupun masih banyak orang-orang senang berliburan ke panatai.

Dengan begitu maka saatnya berliburan ke desa, seperti wisata alam buah naga di desa kami yang saat ini masih kami rintis dan mengembangkannya dan butuh dukungan dari pemerintah perhatian lebih dalam menyediakan fasilitas kenyamanan pengunjung seperti penyediaan spot-spot tempat selfi bagi para pengunjung, dan fasilitas Free Wife, dan infrastruktur jalan yang bagus karena selama ini jalan menuju wisata desa masih menggunakan jalan pakai semen campur pasir  (Paping Block).

Hal itu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kami di desa wisata bisa mengakses informasi bagaimana cara mengemas wisata desa yang membuat orang-orang di dunia itu tertarik datang berkunjung berliburan bersama keluarganya, serta bisa mengakses informasi-informasi yang baik lainnya. Maka dengan terpenuhi fasilitas ini setidaknya menjadi desa wisata layaknya desa wisata yang terkenal di daerah lainnya yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia.

 

Baca Juga :


Setidaknya akan tercipta lapangan pekerjaan, karena pihak pengelola Desa wisata pasti membutuh pemamdu wisata yaitu pemuda-pemuda yang bisa menggunakan bahasa inggris bagi para pengunjung mancanegara. Maka hal ini akan meminimalisir pengangguran yang selama ini menjadi masalah kurangnya lapangan pekerjaan yang dihadapi oleh, pemerintah daerah, atau pemerintah yanga ada di pusat, seperti Menteri Desa bagaimana memperhatikan kondisi  Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa saat ini, Menteri Kominfo bagaimana ikut andil memberikan menyediakan pelayanan jaringan internet, sinyal telekomunikasi bahkan Menteri Pariwisata seharusnya ikut terlibat dalam menangani kondisi desa wisata yang ada di pelosok desa yang ada di daerah Indonesia lainnya, setidaknya mendukung secara penuh untuk mengembangkan desa wisata, agar menjadi desa yang mandiri terutama di desa kami Dusun Dasan Agung Lebe Kebun Indah Desa Tanak Beak, Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sudah saatnya membangun Negara Indonesia beralih dalam meningkatkan perekonomian desa  melalui pariwisata yaitu Desa Wisata. “Prediksi pertumbuhan prekonomian masyarakat di Lombok NTB kedepan akan beralih dari bentuk ekonomi komuditas selama ini menjadi ekonomi dalam bidang pariwisata dengan sistem pelayanan pemandu wisata berbasis aflikasi yang terbaik, sehingga itu akan memudahkan mencari informasi untuk para pengunjung mancanegara, tentunya kunjungan wisatawan mancanegara bisa meningkat dengan baik kedepannya di NTB”, kata Menteri Komunikasi dan Informasi  RI, Rudiantara saat beberapa minggu yang lalu saat bersilaturrahim dengan anak-anak Kampung Media NTB, di Hotel Aston Mataram.(San_ikp)

 

 

 



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografi Email lilwaihsan@gmail.com Wa 082 340 181 425 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan