logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mengenal Pemuda Pelopor Nasional Tahun 2017

Mengenal Pemuda Pelopor Nasional Tahun 2017

KM Pohgading Timur – Setipa tahun pemerintah selalu dan selalu mencari pemuda-pemuda yang memiliki kepeloporan dari berbagai biang yang sudah ditetapkan

Cerita Inspirasi

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
06 Desember, 2017 16:35:31
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 4828 Kali

KM Pohgading Timur – Setipa tahun pemerintah selalu dan selalu mencari pemuda-pemuda yang memiliki kepeloporan dari berbagai biang yang sudah ditetapkan oleh kementrian pemuda olahraga. Dalam pencarian pemuda pelopor ini persaingannya memang sangan ketat untuk mendaptkan penghargaan dari upaya pemuda-pemuda yang berani berbuat untuk Negara Indonesia yang sama-sama kita banggakan ini.

Menteri pemuda dan olahraga sudah menetapkan ada ada 5 bidang kepeloporan yang diberi penghargaan oleh mentri pemuda dan olahraga adalah 1). Bidang Pendidikan, 2). Bidang Sosial Budaya dan Pariwisata, 3). Bidang Pengelolan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 4) Bidang Pangan dan 5). Bidang Inovasi Teknologi. Pada setiap bidang ini diseleksi dengan ketat dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional yang secara langsung dilaksanakan diJakarta Pusat. Semua provinsi berhak mengusulkan pemuda-pemuda hebat yang dimiliki untuk lanjut ke tingkat nasional dan di tingkat nasional akan diseleksi lagi dengan ketat dan hanya tiga orang yang terbaik akan bisa menjadi pemuda pelopor tingkat nasional yang akan diberikan penghargaan secara langsung oleh mentri pemuda dan olahraga. Adapun pemuda pelopor pada tahun 2017 ini adalah 15 orang yang terdir dari terbaik satu sampai tiga dimasing-masingbidang tersebut.

Pemuda pelopor bidang pendidikan terbaik satunya adalah Endang Saputra, Pemuda asal provisi Bengkulu ia mendapatkan terbaik satu dikarnakan ia mengembangkan komunitas pemuda yang peduli dan focus pada bidang social dan pendidikan. Melalui komunitas muda berkarya. Pada tahun 2016 komunitas muda berkarya focus pada kegiatan “Indonesia Membaca” dengan menyelanggarakan beberapa kegiatan seperti pengumpulan donasi buku, pendirian rumah baca, kegiatan taman baca dan perpustakaan keliling.

Feri Irawan Pemuda Asal Provinsi Kalimantan Tengah yang meraih terbaik dua pada bidang pendidikan, dinilai berhasil menjadi agen perubahan ditengah masyarakat Kalimantan tengah melalui “Program Literasi” yakni menjalankan program pustaka bergerak di desa-desa bantaran sungai, mendirikan perpustakaan rumah anak dan perpustakaan belajar masyarakat di desa-desa bantaran sungai.

Andi Sura Muhlis Pemuda asal provinsi Sulawesi Barat menjadi terbaik tiga dinilai berhasil merintis model pendidikan sekolah dasar kelas jauh, yang terletak di Desa Piriang Tapiko, Kecamatan Tubbi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar. Ia memiliki dedikasih penuh pada pendidikan masyarakat di daerah terpencildan kawasan transmigrasi.

Pemuda pelopor bidang social budaya pariwisata pada bidang ini yang terpilih adalah Arsa Rintoko pemuda asal provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta  meraih terbaik satu pada bidang ini. Arsa mengembangkan seni keprajuritan melalui notasi music kepatihan. Ia bertekat menginpirasi dan memotivasi generasi muda untuk mencitai dan melestarikan budaya yang ada di daerah istimewa yogyakata, adapun yang mendapat terbaik dua adalah Yuliza Zen pemuda asal Sumatra Barat, ia berhasil mengembangkan obyek wisata “Kubu Gadang” berbasis edukasi tentang tradisi dan budaya minangkabau khususnya kubu gadang negarai gunuang. Sedangkan pemuda yang yang mendapat peringkat terbaik tiga dalam bidang ini adalah Septi Andika, asal provinsi Bengkulu ia bertekat mewujudkan masyarakat sadar wisata dan wirawisatawan menuju Visit Wonderfull Bengkulu tahun 2010, Septi dinilai mampu melindungi dan menjaga puspa langka melalui komunitas peduli puspa langka karena hanya satu-satunya keindahan yang dimiliki yaitu bung raflesia yang sangat membutuhkan perhatian dari para pemuda-pemuda hebat seperti Septi.

Pemuda pelopor bidang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan pada bidang ini yang mendapatkan terbaik pertama adalah pemuda asal provinsi Kalimatan Barat atas nama Dayang Firdha Afiyati berhasil mengolah asam maram menjadi produk-produk bernilai ekonomi seperti selai asam maram, jus asam maram dan lain sebagainya yang member dampak positoif bagi warga setempat yaitu bisa member pekerjaan pada orang lain serta menambah prekonomian masyarakat setempat.

Adapun yang mendapatkan terbaik dua adalah pemuda pelopor asal daerah istimewa Yogyakarta atas nama Devriyanto yang berhasil membangun kesadaran masyarakat dikawasan watu lawang kabupaten bantul, untuk menjaga kelestarian kawasan wisata dan memanfaatkan sumberdaya alam untuk peningkatan kesejahtraan masyarakat. Sedangkan yang mendapat peringakat terbaik tiga adalah pemuda hebat asal provinsi Nusa Tenggara Barat atas nama Irwansyah yang berhasil menjadikan desa Marente Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa seagai kawasan Wisata dan sentral budidaya ikan air tawar, sentral peternakan dan pertanian yang ramah lingkungan.

Pemuda pelopor Bidang Pangan, pada bidang ini yang menjadi terbaik pertama dalah peuda sala DKI Jakarta atas nama Desi Widayanti di bawah lembaga usaha “Lestari” yang dipimpinya, desi dinilai berhasil melatih pemuda dan masyarakat dilingkungnya mengembangkan usaha jamu gendong tradisional dengan brand produk “Jamu Lestari”.  Adapun yang meraih terbaik tiga adalah Ammy Yoga Prajati pemuda adal Provinsi Jawa Timur,  bersama karang taruna eksis forever, ia menoptimalkan bantaran sungai untuk mewujudkan kemandirian pangan di dusun Anom Desa Kebun Anom kedepan Ammy bertekat mengembangkan desa Kebon Anom sebagai desa wisata berbasis lingkungan dan memberikan positif bagi masyarakat setempat serta menambah prekonomian masyarakat setempat pula, sedangkan yang menjadi terbaik tiga adalah Gusti Muhammad Andi maulana pemuda hebat asal provinsi Kalimantan Barat, Maulana dinilai berhasil mengembangkan usaha pertanian yang mensejahtarakan petani hidroponik di kota Pontianak dengan menghasilkan prodak-prodak berkualitas tinggi dengan harga terjangkau oleh semua kalangan

 

Baca Juga :


Pemuda pelopor bidang Inovasi Teknologi yang menjadi terbaik pertama adalah pemuda salal Provinsi Sumatra Barat atas nama Andri mencanakan kincir kembar tigo selama lima tahun, percoban demi percobaan dilakukan sampai akhirnya kincir kembar tigo terlaksana untuk mempermudah warga sekitar bias mandi, masak dan nyuci. Dengan membuat inovasi ini allhamdulillah warga sekitar bisa memanfaatkan dengan mudah hasil pemikiran dari seorang pemuda yang berlatar belakang pendidikan Sarjana Hukum Islam. Pemuda ini masih duduk di bangku kuliah semester tujuh dan inovasi yang ditemukan masih berjalan sampai saat ini.

Adapun yang menjadi terbaik dua adalah pemuda yang bersala dari provinsi Lampung atas nama Galih Dwi Prasetyo berlatar belakang pendidikan guru bahasa Indonesia mampu membuat inovasi dari mikroorganime local yang di buat dari buah dan daun papaya menjadi pakan kelinci yang masyarakatnya budidayakan . semua ini terjadi dan berlangsung dari penelitian sederhana yang dilakukan pemuda ini untuk mempermudah para peternak kelinci yang ada disekelilingnya.  Pemuda ini terus mengembangkan inovasi ini di selah waktunya karena pemuda ini mengajar disekiolah swasta yang jauh dari kampungnya.

Sedangkan yang menjadi terbaik tiga adalah pemuda asal Nusa Tenggara Barat yaitu BADRI adalah pemuda yang berlatar belakang sarjana pendidikan biologi ini, yang mampu menemukan dan mengembangkan inovasi baru berupa pupuk organic fungsi ganda yang mempermuda para petani untuk merawat tanaman yang dibudidayakan. Inovasi baru ini ditemukan sejak tahun 2010 melalu percobaan-percobaan sederhanya agar mendapatkan hasil yang baik dan benar untuk membatu para petani.

Inovasi yang ditemukan ini dinamakan ASA GREEN pupuk Organik fungsi ganda, Pupuk sekaligus Pestisida Hayati, jika petani menggunakan inovasi ini maka para petani tidak repot lagi memupuk dan meberi tanaman perlindungan agar tidak diganggu oleh hama. Inovasi ini sudah digunakan dibeberapa daerah yang ada di Indonesia seperti Jawa Timur, Kalimtan Selatan dan terakhit di kirim ke pulau Bali. Adapun fungsi dari ASA GREEN adalah mempercepat pertumbuhan, mempercepat reproduksi, memperpanjang masa reproduksi dan melindungi tanaman dari serangan hama.

Mungkin cerita diatas bisa menjadi inspirasi bagi warga kampung media khusunya dan para pembaca umumnya, kita semua bisa melakukan sesuatu untuk memebreikan kepedulian kita terhadap orang yang ada disekita melalu kegiata-kegiatan kecil baik di bidang pendidikan, social budaya pariwisata, pengoahan sumberdaya alam dan lingkungan, bidsang pangan dan membuat inovasi teknologi untuk Indonesia yang sama-sama kita cintai ini. Kami yakin kita pasti bisa lemalukan hal yang lebih dari cerita diatas tentang pemuda prlopor nasional tahun 2017.

By: Badri_asa



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan