logoblog

Cari

Landasan Pesawat

Landasan Pesawat

TAMSIL PERUMPAMAAN YANG SYARAT MAKNA DAN PELAJARAN BERHARGA BAGI KEHIDUPAN LANDASAN PESAWAT DAN PESAWAT TERBANG Dalam usaha Da’wah dikenal adanya istilah amal maqomi dan

Cerita Inspirasi

Abi Muhas
Oleh Abi Muhas
27 Oktober, 2017 09:57:24
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 9709 Kali

PERUMPAMAAN YANG SYARAT MAKNA DAN PELAJARAN BERHARGA BAGI KEHIDUPAN

Dalam usaha Da’wah dikenal adanya istilah amal maqomi dan amal Intiqoli. Keduanya Ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Amal maqomi ditamsilkan seperti landasan pesawat terbang dan pesawat terbang itu sendiri ditamsilkan sebagai amal Intiqoli. Apabila keadaan amalan maqomi dan amalan Intiqoli kita tidak seimbang, salah satu misalnya tidak hidup maka akan menyebabkan keberfungsian salah satunya menjadi terganggu dan rusak.

Seandainya kita “sibuk” membenahi maqomi tanpa pernah Intiqoli maka seperti menyiapkan landasan pesawat terbang tanpa memiliki pesawat terbangnya. Landasannya tidak berfungsi karena tidak ada pesawatnya. Akhirnya lama-kelamaan akan berubah fungsi menjadi lapangan sepak bola misalnya atau tempat balapan mobil/motor. Begitu pula kalau kita “asyik” Intiqoli tanpa mau menghidupkan amalan maqomi, ibaratnya pesawat itu terus terbang tapi tidak pernah mendarat. Maka lama-kelamaan kalau bensol pesawatnya sudah habis pesawat terbang itu akan jatuh dan hancur. Kehidupan seorang pengusaha Agama (Da’i) adalah pada keseimbangan antara amalan maqomi dan amalan Intiqoli.

 

 

Baca Juga :


Dari Kitab-kitab. Sumber foto; net



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan