logoblog

Cari

Berkat ASA GREEN Impian Ke Jakarta Menjadi Nyata

Berkat ASA GREEN Impian Ke Jakarta Menjadi Nyata

KM. Sukamulia – Sudah sejak lama Badri mengimpi-impikan untuk sampai dan menginjakkan kaki di tanah Jakarta. Impian itu tidak pudar ditelan

Cerita Inspirasi

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
19 Oktober, 2017 08:10:38
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 10247 Kali

KM. Sukamulia – Sudah sejak lama Badri mengimpi-impikan untuk sampai dan menginjakkan kaki di tanah Jakarta. Impian itu tidak pudar ditelan masa sebab pemuda ini memang sangat ingin mengunjungi kota yang disebut-sebut sebagai Kota Metropolitan tersebut. Ahirnya, pada bulan Oktober 2017 impian itu terlunasi jua atas kreatifitasnya membuat Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda yang disebut dengan nama ASA GREEN.

Tidak pernah disangkan jika ASA GREEN yang dirintisnya sejak tahun 2010 bisa menjadi kendaraannya mewujukan impian untuk menginjakkan kaki di tanah Jakarta. Badri sangat terharu ketika mendengar kabar bahawa ia lolos untuk mengikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional 2017 yang bertempat di Jakarta. Rasa terharunya itu muncul bukan hanya karena ia lolos untuk mengikuti even itu, namun rasa harunya muncul sebab impiannya ke Jakarta akan terlunasi sebab kreatifitas yang ia kembangkan.

Impian Badri untuk menginjakkan kaki di tanah Jakarta mulai muncul pada tahun 2010 sebab ia merasa iri terhadap kakanya (Asri) yang sering keluar daerah atas kreatifitasnya dalam bidang sastra. Keinginan itulah yang kemudian memacu motivasinya untuk berkarya dengan kemampuan dan kreatifitas yang ia miliki. Tahun 2010, ia memulai perjuangannya untuk mewujudkan mimpinya ke Jakarta dengan melakukan penelitian kecil-kecilan dalam bidang pertanian.

Berkali-kali ia gagal dalam penelitian itu, bahkan ia tidak jarang mendapatkan cemoohan dari warga kampungnya sebab penelitian yang ia lakukan kelihatan aneh dimata warga kampungnya. Namun demikian, Badri tidak pernah berputus asa atas mimpinya itu. Ia terus melakukan eksperimen sehingga pada ahir tahun 2010 ia bisa menemukan komposisi Pupuk Organik Cair. Pupuk Organik Cair hasil ekspermennnya ini-pun diolok-olok dan tidak mau digunakan oleh warganya. Hal itu tidak memetahkan semangatnya untuk terus memperjuangkan mimpinya.

Setelah dua tahun lamanya berjuang, Pupuk Organik Cair yang dibuat oleh Badri mulai dilirik oleh petani sekitar (Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya) sebab mereka melihat tanaman sayur dempol ekseprimen yang dilakukannya selalu bagus. Tahun 2013, pengguna Pupuk Organik Cair ini semakin banyak dan pengguna-pun meminta saya untuk membuatkan mereka pestisida. Atas permintaan itu, saya kembali melakukan eksperimen untuk menemukan komposisi bahan alami yang dapat digunakan sebagai pestisida alami sehingga keinginan tersebut dapat terealisasi.

Pada ahir tahun 2013, saya bisa menjawab keinginan masyarakat tersebut dan petani sekitar-pun dapat menggunakan pestisida alami yang saya buat. Di awal tahun 2014, para pengguna Pupuk Organik Cair dan Pestisida Alami yang saya buat kembali mengusulkan supaya saya bisa membuatkan mereka Pupuk Organik Cair yang sekaligus dapat digunakan sebagai Pestisida supaya mereka dapat mendapatkan dua manfaat dalam satu kali menyemprot.

Atas permintaan itu maka pada pertengahan tahun 2014, saya mengkombinasikan komposisi Pupuk Organik Cair dengan Pestiasida Alami yang telah saya buat sehingga tercetuslah nama Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda (Pupuk Organik Cair sekaligus Pestisida Alami). Tahun 2015, pengguna Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda Buatan saya semakin meluas, bahkan sampai ke masyarakat petani di wilayah Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur dan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Tahun 2016, pengguna POC Fungsi Ganda ini semakin meluas sehingga saya bersama ASA Community dan warga SMK NW Kokok Putik memproduksinya dalam jumlah banyak. Hingga saat ini, ASA GREEN sudah digunakan oleh petani di sebagain besar wilayah Kabupaten Lombok Timur, sebagian besar masyarakat petani di wilayah Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, ratusan petani di wilayah Tuban dan Jember Kabupaten Jawa Timur, serta ratusan petani di wilayah Kalimantan Selatan.

 

Baca Juga :


Berkembangnya kepeloporan yang dirintis dan dikembangkannya itu kemudian membawanya untuk ikut berkompetisi pada even Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional Tahun 2016, namun impiannya belum bisa terlunasi sebab ia hanya memperoleh prestasi sebagai Juara I Tingkat Provinsi NTB dan tidak bisa ikut pada even Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional 2016. Semangant juang Badri terus membara yang meskipun ia tidak bisa sampai di tingkat nasional sehingga Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda yang dibuatnya semakin banyak dimanfaatkan oleh warga Lotim, KLU bahkan oleh masyarakat petani di luar daerah Lombok.

Atas perkembangan itu, pihak Pemerintah Kabupaten Lombok Timur meminta Badri untuk ikut lagi pada even Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional 2017. Badri-pun melunasi permintaan itu dengan kembali membawa kepeloporannya, yakni Teknologi Inovasi dengan produk andalannya yang disebut ASA GREEN. Dan alhamdulillah pada tahun 2017 ini Badri bisa lolos hingga tingkat nasional.

Badri berangkat ke Jakarta atas ASA GREEN yang ia rintis sejak tahun 2010. Ia berangkat dengan perasaan haru bercampur bangga sebab impiannya menginjakkan kaki di Kota Jakarta terlunasi jua. Impian ke Jakarta terlunasi dan bahkan ia di tingkat nasional ia dan ASA GREEN-nya bisa mendapatkan prestasi sebagai Juara Terbaik Tiga Bidang Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional. Selama 4 hari di Jakarta, Badri dibawa melakukan kunjungan ke beberapa tempat wisata di wilayah Jakarta sehingga mimpi yang lama ia pendam betul-betul terlunasi.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan