logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampung Wisata Lantung

 Kampung Wisata Lantung

KM Gempar. Masuk Kampung Pelangi Desa Kuliner Ai Mual Dan Desa Agro Wisata Kampung KB Kecamatan Lantung kita akan dihadapkan dengan

Cerita Inspirasi

KM. Gempar
Oleh KM. Gempar
25 Juli, 2017 22:51:09
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 5544 Kali

KM Gempar. Masuk Kampung Pelangi Desa Kuliner Ai Mual Dan Desa Agro Wisata Kampung KB Kecamatan Lantung kita akan dihadapkan dengan Berbagai Sayuran yang dipasang dalam pot pot unik dimasing masing pekarangan rumah warga yang memberi nuansa sejuk dan alami. Selain itu, kampung ini juga dihiasi warna warna pelangi juga pernak pernik hasil kreasi warga hingga membuat kampung ini begitu asri, bersih, indah, dan tentunya memberi nuansa fresh.

Tiap tiap waga mengerjakannya dengan kesadaran sendiri. Meskipun tak ada tempat utk menanam, warga benar benar tak kehilangan akal. Mereka memanfaatkan media pot dari barang bekas dan bahkan sepatu hingga celana bekaspun dijadikan wadah menanam yang cukup unik. Di kampung ini juga tak terlihat sampah yang berserakan karena di setiap rumah, Warga membuat bak sampah dari hasil kreasi warga itu sendiri. 

Warga menanam serta memelihara berbagai jenis tanaman. mulai dari berbagai jenis cabe, Terong, Sawi, Bayam, Kangkung, Pitsey, Dan berbagai jenis lainnya. Dapat disebutkan perkampungan ini menjadi salah satu kampung mandiri yang sukses dalam upaya menata hidup yang bersih, indah, dan jauh dari kesan kumuh. Untuk menjadikan kampung ini begitu indah, benar benar tak semudah membalikkan telapak tangan. Kepedulian serta usaha keras semua warganya lah hingga terbentuk lingkungan yang damai serta indah ini.

Di Kampung ini warga amat perduli dengan lingkungan. Pada waktu senggang pada pagi hari, sore, bahkan malampun warga terus menyempatkan diri bersihkan sampah dan menata kembali dedaunan yang berserakan. Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya sudah menjadi suatu rutinitas sekarang ini. kesuksesan pembentukan budaya perduli lingkungan ini tergantung dari kesadaran masyarakatnya yang mau berbenah. Seperti yang selalu dituturkan oleh Camat Lantung Iwan Sofian, bahwa kesadaran ditunaikan kepada Warga dengan jalan membangun pemahaman tentang kelestarian alam untuk kehidupan dimasa yang akan datang.

Baca Juga :


Di Kampung sadar Lingkungan ini juga menjalankan usaha swadaya untuk memisahkan sampah organik serta sampah anorganik. Sampah organik akan menjadi pupuk kompos yang sesuai dengan semangat Warga dalam mempertahankan Sayuran organik bebas dari unsur kimia. Sedngkan sampah Anorganik yang berwujud plastik, botol dan sampah yang sulit diurai akan di olah menjadi berbagai macam kreasi seperti tas, keranjang, dan lain lain.

Sudah sepantasnya Kampung Agro Wisata ini menjadi contoh bagi daerah daerah lain. Beberapa Kecamatan lainpun menjadikan Kampung Agro Wisata ini sebagai tujuan Study Tour. Tak bisa dipungkiri, peran dari pemerintah setempat untuk terus mendorong masyarakat dengan kemandirian telah berbuah hasil yang sangat luarbiasa. inilah salah satu kampung wisata Kecamatan Lantung yang patut untuk dikunjungi. ***Ryan Muammar



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan