logoblog

Cari

Calon Pengantin

Calon Pengantin

TAMSIL PERUMPAMAAN YANG SYARAT MAKNA DAN PELAJARAN BERHARGA BAGI KEHIDUPAN TERPIDANA MATI DAN CALON PENGANTIN Begitu unik dan beragamnya Tamsil untuk para Da’i. Ibarat

Cerita Inspirasi

KM Dayan Gunung
Oleh KM Dayan Gunung
15 Juli, 2016 08:13:04
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 22676 Kali

TAMSIL

PERUMPAMAAN YANG SYARAT MAKNA DAN PELAJARAN BERHARGA BAGI KEHIDUPAN

TERPIDANA MATI DAN CALON PENGANTIN

Begitu unik dan beragamnya Tamsil untuk para Da’i. Ibarat seorang yang diputus pengadilan untuk dihukum mati (terpidana mati). Maka ketika akan dieksekusi di suatu kota, ia dibawa naik pesawat terbang yang selama hidupnya belum pernah ia alami. Dikenakan jas stelan yang necis berikut dasi dan sepatu hitam mengkilap. Didalam pesawat ia pun dijamu dengan pelayanan istimewa dan pelayanan-pelayan wanita yang ramah dan cantik. Tapi semu fasilitas dan pelayanan itu tidak membuatnya gembira, karena ia tahu bahwa setelah sampai di kota tujuan ia akan segera dihukum mati. Ia sadar bahwa ia seorang terpidana mati. Apalah artinya kesenangan hidup yang sebentar kalau akhirnya ia harus dihukum mati.

Berbeda dengan seorang pemuda yang akan bertemu kekasihnya di suatu kota. Kerinduannya yang memuncak membuatnya melupakan penderitaan selama diperjalanan menuju kota tempat kekasihnya berada. Meskipun ia naik kereta api kelas ekonomi dan satu gerbong dengan sayuran, kambing dan sapi ditambah berbaurnya antara peluh penumpang dan baunya kotoran ternak, sudah itu panas terik menyengat karena memang kereta tidak berAC sekilas membuat pemuda itu mengeluh. Tapi segera ia tersenyum penuh makna dan bahagia karena apalah artinya perjalanan yang melelahkan, menyebalkan dan menderita kalau toh akhirnya berujung kebahagiaan, bertemu dengan sang pujaan, kekasih yang dicintai dan sebentar lagi akan dinikahinya. Ia sadar dalam keadaan tersiksa dalam kereta api itu tetap menyimpan rasa yang menggelora, karena ia seorang calon pengantin.

Itulah potret pengusaha agama yang selama hidupnya di dunia mendapat begitu banyak tantangan dan rintangan laksana air hujan. Cemoohan dan ejekan akrab menerpa. Lebih menyakitkan semua bentuk hinaan dan penentangan ini datang dari keluarganya. Gelar-gelar sebagai manusia aneh sudah banyak disandangnya. Tetapi kalau melihat janji Allah SWT. Tentang Indahnya Surga dan membandingkan dengan penderitaan yang dialami oleh Nabi SAW. Dan para Sahabat r.anhum. terdahulu, tekanan bathin penderitaan ini seketika menjadi sirna. Apalah artinya hidup enak, senang dan bergelimang harta kalau nanti di Akhirat harus menderita selama-lamanya. Dan apalah artinya penderitaan dunia yang sebentar kalau nantinya akan bahagia selama lama lamanya.

 

Baca Juga :


 

Dari Kitab-kitab. Sumber foto; net

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan