logoblog

Cari

Tutup Iklan

Isro Dan Miroj

Isro Dan Miroj

KM TNC. Ayah dan bunda mendidik dengan senyum, tanpa teriakan dan tanpa bentakan itu sudah perjalanan luar biasa dari konsep pendidikan.

Cerita Inspirasi

KIM. Tembe Nggoli
Oleh KIM. Tembe Nggoli
17 Mei, 2015 10:35:27
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 4371 Kali

KM TNC. Ayah dan bunda mendidik dengan senyum, tanpa teriakan dan tanpa bentakan itu sudah perjalanan luar biasa dari konsep pendidikan. Dulu orang tua harus ditaati dan ditakuti dengan pendekatan otoriter. Namun sekarang kita perjalankan mendidik anak kita dengan senyuman, dengan belaian dan dengan kasih sayang dengan tujuan agar mereka mentaati dan menghargai orang tua bukan karena takut namun karena kasih sayang dan penghargaan pada orang tua.

Ayah dan bunda ajaklah anak-ana kita untuk mi'roj dari pola pendidikan yang mengarah pada duniawai lebih kearah keseimbangan antara dunia dan akhirat karena saat mi'roj Rasulullah ditunjukkan fenomena-fenome kehidupan yang mendapatkan balasan. Maka saatnya kita mendidik anak-anak kita dengan mempergunakan rasionalitasnya karena apapun yang dikerjakan akan berdampak pada dirinya.

Kita juga harus bisa memi'rojkan cara mendidik kita, kita mendididk bukan karena keinginan kita namun harus berdasarkan atas kebutuhan anak. Kita orang tua adalah busur, anak panahnya adalah anak-anak kita.

Ketika kita mendidik atas kebutuhan dan kondisi psikologisnya, maka kita sudah memi'rojkan pendidikan kita secara rasional dan mengajak anak mengerti apa yang akan terjadi kelak ketika ia dewasa.

 

Baca Juga :


Maka orang tua bijak adalah ketika mampu mengisro'kan kekerasan dalam pengasuh diperjalankan menjadi pengasuhan yang penuh senyum dan kasih sayang.

Dan orang tua yang luar biasa adalah ketika mampu memi'rojkan bahwa mendidikan anak ibu bukan atas dasar kehendak orang tua namun berdasarkan kebutuhan anak. Karena anak dilahirkan pada masanya dan ia akan berkembang sesuai dengan zamannya. (Ma MH) -01



 
KIM. Tembe Nggoli

KIM. Tembe Nggoli

Tembe Nggoli Community (TNC) Anggota Alamsyah (alamsyah_km@yahoo.com) Hp. 081237986726/ akun pribadi (Alamsyah) Facebook : Alamsyah KM/ twitter : @AlamsyahCS Alamat : Jl Sawo Kel Rabangodu Utara Kec Raba Kota Bima - NTB

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan