logoblog

Cari

Merancang Penerbitan Buletin Bersama Warga KM

Merancang Penerbitan Buletin Bersama Warga KM

KM. Sukamulia – Berangkat dari rasa keperdulian terhadap penyebaran dakwah dan informasi maka Haji Eko Rahadi Putro mengajak kami (warga Kampung

Cerita Inspirasi

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
13 Februari, 2015 22:16:35
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 9749 Kali

KM. Sukamulia – Berangkat dari rasa keperdulian terhadap penyebaran dakwah dan informasi maka Haji Eko Rahadi Putro mengajak kami (warga Kampung Media) untuk menerbitkan buletin yang bernama Buletin Al-Bayan. Rencananya Buletin Al-Bayan akan kami terbitkan mulai minggu pertama bulan Maret 2015 dan buletin ini akan kami distribusikan ke seluruh masjid yang ada di sekitar wilayah Lombok Utara dan jika dana yang kami memungkinkan untuk menerbitkan buletin dalam jumlah yang banyak maka kami akan mendistribusikan buletin Al-Bayan hingga ke masjid-masjid yang ada di wilayah Lombok Timur.

Dua hari yang lalu Haji Eko Rahadi Putro menghubungi saya via Handpone, dalam kesempatan itu beliau menyampaikan bahwa beliu telah diceritakan oleh seorang teman saya (Harlan) bahwa saya memiliki bakat menulis dan bahkan pernah mendapatkan penghargaan dari Kampung Medai atas keaktifan dan kreatifitas menulis saya sebagai jurnalis kampung di Halaman Kampung Media. Pada kesempatan itu juga beliau menyampaikan keinginannya untuk mengajak saya membuat buletin mingguan yang nantinya akan diterbitkan pada setiap hari kamis dan pada hari jum’at akan didistribusikan ke seluruh masjid yang ada di wilayah Lombok Utara.

Saya sangat tertarik dengan tawaran itu, sehingga keesokan harinya (Kamis, 12 Februari 2015) saya dan Harlan langsung menemui pak Haji Eko di kediamannya yang berada di Desa Senaru Kecamatan Baya. Dalam pertemuan itu beliau memaparkan maksud dan tujuan beliau mengajak saya untuk menerbitkan buletik dakwah. Setelah lama berbincang-bincang maka saya menyetujui rencana beliau itu dan kami langsung membahas beberapa hal dasar yang akan menjadi poin eksen kegiatan tersebut.

Di awal pembicaraan pak Eko Rahadi menyampaikan bahwa beliau sudah sangat lama berencana untuk menerbitkan buletin atau media informasi sejenisnya, hanya saja beliau tidak memiliki teman untuk melaksanakan hal itu. “Sebenarnya saya sudah lama memiliki rencana untuk menerbitkan buletin atau informasi cetak sejenisnya, hanya saja saya kebingungan mencari teman untuk melakukan hal tersebut. Sudah beberapa kali saya mencoba mengumpulkan pemuda dan remaja masjid, baik di Lombok Tengah ataupun di sini, namun mereka tidak sangat sulit untuk diajak melakukan hal ini. Permasalahannya adalah karena mereka tidak terbiasa menyampaikan informasi melalui tulisa, syukurlah saya dipertemukan dengan saudara Harlan yang kemudian menceritakan saya bahwa ia memiliki teman yang hobi menulis dan sudah mendapatkan apresisasi sebagai Pemenang Duta Informasi NTB sebab itulah saya langsung menghubingi anda dan alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul untuk membicarakan rencana tersebut, ungkap pemilik Rifka Café itu.

Setelah beberapa saat berdiskusi maka kami menyepakati untuk memberinama buletin yang akan kami terbitkan itu dengan nama Buletin Al-Bayan. Kami memilih nama ini sebab kegiatan yang kami laksanakan berpusat di wilayah Kecamatan Bayan. Dengan tag line “Religius, Nasionalis, Berbudaya dan Komitmen”. Secara harfiah, istilah Al-Bayan berarti petunjuk, penerang, pemberi penjelasan, dan pembatas antara yang batil dan yang hak.

Saat itu kami juga merancang bentuk dan isi buletin yang akan kami terbitkan, ahirnya kami sepakat untuk menerbitkan buletin yang memuat dakwah islamiyah dan berbagai informas lainnya. Melalui buletin yang kami rencanakan ini akan kami muat tulisan tentang berbagai aspek kehidupan, misalnya sejarah, budaya, pariwisata, bibiografi tokoh, sponsor, pendidikan, politik, teknologi terapan dan sebagainya. Buletin Al-Bayan yang sedang kami rencanakan ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, memperluas informasi dan dakwah islamiyah melalu masjid.

Pada ahir pembicaraan kami sore itu, pak Eko meminta saya untuk mengajak kawan-kawan yang tergabung sebagai Warga Kampung Media untuk bersama-sama membantunya memulai rencana pembuatan dan penerbitan buletin dimaksud. Beliau sangat berharap kepada supaya saya membawa beberapa orang teman yang dekat dengan saya untuk terlibat dalam kegiatan ini.

Menindak lanjuti rencana itu maka saya memberikan informasi kepada pengelola KM. Pohgading Timur, KM. Pondok Kerakat, dan KM. Dairi terkait dengan rencana penerbitan buletin tersebut. Alhasil, mereka juga antusais untuk terlibat dalam kegiatan itu. Saya juga menyampaikan rencana kegiatan tersebut kepada Drs. Haji Muallip, M. Pd (Kepala Kemenag KLU) ketika beliau berkunjung ke MTs. Maraqitta’limat Lenggorong, pagi tadi dan alhamdulillah beliau memberikan respon positif terhadap rencana itu dan bahkan beliau siap untuk memberikan kata-kata sambutan pada halaman buletin yang akan kami terbitkan.

Selesai melaksanakan sahat Jum’at (13 Februari 2015), pak Eko meminta kami untuk berkumpul di café-nya guna memantabkan rencana yang telah kami sepakati kemarin. Setelah itu saya konfirmasi bersama kawan-kawan dan setelah selesai melaksanakan shalat Asar, saya dan kawan-kawan memenuhi undangan beliau. Dengan semangat dakwah dan niat ikhlas dengan niat lillahitala kami sepakat untuk sama-sama berkarya guna menyampaikan dakwah islamiyah dan informasi lainnya melalui media cetak yang berbentuk buletin.

 

Baca Juga :


Dalam pertemuan ini kami membicarakan berbagai hal untuk mempersiapkan poin eksen yang telah kami rancang. Pada kesempatan ini kami sepakat untuk membentuk struktur organisasi kepengurusan Buletin Al-Bayan, perancangan logo dan pembuatan proposal rencana kegiatan yang nantinya akan kami ajukan kepada pemerintah terkait. Dengan demikian pada sore Jum’at, 13 Februari 2015, rencana penerbitan Buletin Al-Bayani sudah siap untuk dilaksanakan dan kami berharap supaya pada minggu pertama bulan Maret 2015 ini kami bisa menerbitkan Buletin Al-Bayan edsi pertama.

Ada bebrapa hal yang menyebabkan pak Eko Rahadi mengajak kami untuk menerbitkan buletin mingguan tersebut, diantaranya adalah julukan Lombok Pulau Seribu Masjid, dimana di Lombok ini banyak sekali masjid hanya saja tidak semua masjid yang mengembangkan dakwah islamiyah dan sebab itulah pak Eko berkeinginan untuk menghidupkan masjid dengan buletin yang direncanakan tersebut sebagai media dakwah islamiyah yang nantinya dapat menggugah hati para pembacanya.

Hal yang membuat kami tertarik untuk ikut terlibat dalam kegiatan penerbitan buletin Al-Bayan ini adalah karena buletin ini akan disebarkan melalui masjid, yang artinya melalui program buletin ini kami akan melaksanakan dakwah islamiyah yang terpusat di masjid dan akan mneyebar keseluruh lapisan masyarakat melalui media cetak. Program ini juga kami harapkan dapat menjadi suatu program untuk menghidupkan suasana masjid, khususnya yang ada di sekitar wilayah Lombok Utara.

Saya sangat mengharapkan bantuan warga Kampung Media, seperti kawan-kawan ini untuk terus berkarya dan mengembangkan bakat menulis melali buletin yang akan kami terbitkan ini, harap pak Eko Rahadi Putro kepada kami.

Ahirnya kami berharap semoga program yang kami rencanakan ini dapat berjalan dengan baik demi pengembangan syiar islam melalui media cetak. Kami juga berharap supaya warga Kampung Media dan pihak-pihak terkait memberikan dukungan kepada keterlaksanaan rencana kami ini. [] - 05

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan