logoblog

Cari

Tutup Iklan

Berhasil Promosikan KM Lewat FB

Berhasil Promosikan KM Lewat FB

KM. Sukamulia – Asykkkkkkkkkk,,,, saya punya sahabat baru di Kampung Media. Berawal dari konfirmasi lalu berkomunikasi dan mempromosikan Kampung Media, ahirnya

Cerita Inspirasi

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
06 Desember, 2014 19:22:25
Cerita Inspirasi
Komentar: 10
Dibaca: 20236 Kali

KM. Sukamulia – Asykkkkkkkkkk,,,, saya punya sahabat baru di Kampung Media. Berawal dari konfirmasi lalu berkomunikasi dan mempromosikan Kampung Media, ahirnya saya dapat menggaet Lini untuk bergabung dan menjadi warga baru Kampung Media padahal saya tidak kenal betul siapa sebenarnya anak itu sebab kami belum pernah saling mengenal di dunia nyata.

Dua malam yang lalu, Senin tanggal 01 Desember 2014 sekitar pukul 18.30 Wita saya membuka halaman Facebook. Ketika halaman facebook saya muncul di layar laptop, saya melihat ada 83 pemberitahaun, 1 pesan dan 2 perminataan petemanan, maklumlah sejak kemarin malam saya tidak pernah mengunjungi halaman facebook. Saya pertama-tama membuka permintaan pertemanan, “Lini Nur Amalia dan Fitri Ayau ingin berteman dengan anda”, kira-kira begitulah pemberitahuan yang tertulis di halaman facebook saya. Melihat pemberitahuan itu saya langsung memeriksa kronologi mereka dan selanjutnya saya memberikan konfirmasi terhadap permintaan pertemanan mereka.

Kini saya punya dua orang teman baru di dunia maya. Dengan rasa penasaran saya-pun membuka pesan baru yang dikirim oleh Lini Nur Amalia. Akses internet yang kurang mendukung membuat pesan baru itu lama sekali ditampilkan. Dua menit berselang, pesan baru itu muncul. Pesan itu cukup panjang, kata demi kata saya baca dengan seksama hingga kalimat terahir yang termuat dalam pesan itu.

Di bawah pesan terlampir sebuah poto rumah rusak akibat amukan seorang Polisi di Desa Pohgading sebagaimana yang diceritakan oleh pesan itu. Setelah semua isi pesan itu saya baca, saya langsung membalasnya. Saya dan Lini Nur Amalia berkomunikasi dengan baik, seolah-olah saya dan dia sudah menjalin pertemanan dalam waktu yang cukup lama. Saya tertarik terhadap struktur berita yang ia kirimkan kepada saya, beritanya cukup menarik dan penyampainnya cukup keronologis dengan bahasa yang lugas. Hal itulah yang menyebabkan saya memberikan pujian kepada-nya.

Beritanya bagus sekali kawan, hanya saja ada unsur yang belum dimuat dalam berita itu, jadi saya tidak berani mempublikasikannya, jelas saya.

Ah… yang benar saja, jawabnya.

Benar ko’…

Trus apanya yang belum jelas.

Berita yang side tulis itu belum menyebutkan siapa nama pelaku pengerusakan dan rumah siapa yang dirusak serta masalah apa yang menyebabkan si polisi merusak rumah itu, jelas saya.

Waduh…. Obrolan terputus akibat sinyal yang nakal, sepertinya oprator XL cemburu melihat keasykan kami berkomunikasi. 15 menit saya menunggu namun pemberitahuan atas masuknya pesan baru tidak kunjung tampil di halaman facebook saya. Karena malam sudah begitu larut, saya-pun keluar dari halaman fb dan mematikan laptop kecil milik saya.

Keesokan harinya saya tidak dapat membuka fb sebab terlalu banyak pekerjaan yang harus saya selesaikan, maklumlah banyak adminstrasi yang harus saya selesaikan sebab saya dipercayai sebagai Ketua Panitia Smester Ganjil di SMK NW Kokok Putik dan MTs. Maraqitta’limat Lenggorong dan sorenya saya harus berkeliling hingga ke Tanjung Lombok Utara untuk mencarikan cat tembok yang akan digunakan untuk mengecat bangunan DAK SMK NW Kokok Putik yang sebentar lagi pengerjaannya akan finish.

Setelah selesai shalat Isa, saya dan kawan-kawan mulai menghidupkan laptop dan computer lalu mencolokkan modem masing-masing. Kami sibuk membuka halaman Kampung Media, maklumlah saya bersama pengelola KM. Bawak Nao dan pengelola KM. Pohgading Timur tinggal bersama di perumahan sekolah. Kami bertiga sibuk mempublis berita yang sudah kami tabung sejak tadi pagi. Di sela-sela mempublish berita yang kami punya, kami juga membuka halaman facebook sebab biasanya kami bertiga senang melakukan perang opini di Forum Dialog Membangun Negeri dan Grup Paseban Sasak Adi (Pasaka).

Ketika halaman facebook saya terbuka, ada pesan dua pesan baru yang belum terbaca. Satu pesan berasal dari Lini Amelia dan satunya lagi adalah pesan dari saudara Masykur. Satu persatu pesan saudara Masykur langsung saya jawab namun beliau tidak kunjung mengirim pesan lagi. Saya melihat obrolan, ternyata si Lini sedang Online. Melihat ia sedang ol maka saya langsung membaca pesannya yang berisi jawaban atas pertanyaan saya semalam. Kini lengkaplah berita peristiwa yang ia tuliskan di inbox saya.

Kamu cocok sekali menjadi seorang jurnalis, bunyi sanjungan saya atas kelengkapan beritanya.

Aminnnn.. makasih kk, jawabnya bangga.

Ea… sama-sama. Oya sde hebat sekali membuat berita, side punya potensi jadi JURNALIS, sekali lagi saya menyanjungnya.

Sebenarnya saya pengen, menjadi jurnais tetapi saya sudah terlanjur salah jurusan kak.

Lah gabung saja di Portal Kampung Media NTB, kan bisa jadi jurnalis NTB sambil mengerjakan yang lain, kata saya meyakinkannya.

Ok kk… naice informasi.

Ok,,, jadi jurnalis itu asik ko, saya punya halaman KM. Sukamulia, kalo mau baca puisi dan tulisan-tulisan saya yang lain, buka saja KM. Sukamulia, heheeee, promosi dikit.

Ea, nanti saya lihat kak, oya Kampung Media itu apaan sich kak, sepertinya dia semakin penasaran.

Kampung Media itu sebuah Portal berita yang memberikan kita kebebasan untuk menulis karya-karya yang berupa berita ataupun cerita, jadi kalo side gabung menjadi warga KM maka side bisa tulisan-tulisan dan informasi yang side punya bisa dipublish dan dimuat di halaman Kampung Media bu bidan, beber saya dengan sedikit canada.

Ochhh, gitu ea kak. Emmmm, ga usah bilang bu’ bidan donk, sangkalnya.

 

Baca Juga :


Trus harus bilang apa donk ?

Bilang adik saja supaya tidak canggung,

Ea dah dik,

Oya bagaimana pengalamannya di Kampung Media kak ?

Banyak dik tapi yang paling berkesan adalah pengalaman ketika saya mendapat penghargaan Duta Informasi dari Kampung Media, saya mendapatkan nominasi penulis terbaik sosok insfirasi pendidikan dik, kalau side pengen baca cerita lengkapnya buka saja KM saya, papar saya supaya Lini semakin tertarik.

Oeee hebat donk. Kalao begitu saya pengen bangent bergabung di Kampung Media. Ajarin cara gabungnya donk kak, ungkapnya.

Ea, gabung saja dik, nanti saya ajarin cara mendaftarnya dan jika side tidak percaya, coba saja buka Kampung Media di sana side bisa membaca berbagai jenis infomasi dan jika side ingin membaca tulisan saya, buka saja KM. Sukamulia, di sana sde bisa menemukan tulisan-tulisan saya yang berupa artikel ataupun puisi, tawar saya sambil meyakinkannya.

Oeee… mantab kk, hanya itu kalimat yang ia kiriman sebagai jawaban promosi saya.

Ok dah sekarang sde daftar saja menjadi warga Kampung Media, lagi-lagi saya menewarkannya untuk bergabung menjadi warga KM.

Sekitar 20 menit saya menunggu jawabannya namu Lini tidak kunjung mengirimkan sepatah katapun padahal ia masih aktif diobrolan. Sembari menunggu jawaban anak itu saya membuka pemberitahuan yang berjubal pada gambar bola dunia yang terpampang di bagian pojok kanan atas halaman fb saya.

“Isyadias Lalu mengomentari gambar anda di Paseban Sasak Adi”, demikianlah bunyi pemberitahuan yang paling atas. Saya langsung mengklik pemberitahuan itu dan muncullah gambar saya yang sedang berendam di Gua Urip yang saya masukkan beberapa minggu lalu di halaman Grup Paseban Sasak Adi.

“dimana tempat pemandian itu sanak”, pertanyaan si Irsyadias. Itu di dalam Gua Urup sanak, jawab saya mengomentari pertanyaan tersebut. Komunikasi saya dengan anak itu berlangsung dengan baik dan ia banyak bertanya tentang situs sejarah Sumur Majapahit. Nah kesempatan, ujar saya di dalam hati. Jika sanak pengen membaca tentang situs sejarah Sumur Majapahit, silahkan sanak cari di halaman Kampung Media sebab saya telah menulisnya di sana dan jika sanak pengen membaca tentang situs sejarah dan cerita rakyat local, sanak tinggal buka halaman Kampung Media Sukamulia, di sana banyak tulisan tiang mengenai sejarah local, prmosi saya kepada sahabat dunia maya yang juga tumben mengomentari kiriman saya.

Ok dah… tampiasih atas informasinya sanak, ungkap orang itu.

Malam sudah beranjak pagi, jam di layar HP saya telah menunjukkan pukul 01.12 Wita, saya kemudian keluar dari halaman facebook dan halaman KM dan kemudian mematikan laptop sebab saya harus istirahat supaya besok bisa bangun pagi-pagi.

Pagipun menjelang, pukul 06.15 Wita saya beranjak dari pembaringan lalu mengambil air wudu dan kemudian melaksanakan shalat Subuh yang waktunya sudah mepet. Setelah itu saya merapikan tempat tidur dan kemudian membersihkan halam Laboraturium Biologi yang kami tempati. Kini semuanya sudah bersih dan tinggal badan ini yang perlu saya bersihkan.

Perlengkapan mandi saya ambil dan kemudian saya bergegas masuk ke tempat mandi sederhana yang kami pagari dengan kertas bungkus semen. Segar rasanya seluruh badan ini. Saya bersiap-siap untuk memulai aktifitas mengawasi siswa-siswi kami yang akan melaksanakan smester sebab hari ini saya punya jadwal untuk mengawas di ruang 4.

Setelah selesa membagikan soal dan mengambil tanda tangan semua peserta smester di ruang 4, saya langsung membuka halaman facebook dan kembali saya melihat sebuah pesan baru yang berasal dari Lini, anak kuliahan Jurusan DIII Kebidananan di Fakultas UNW Mataram yang lahir pada tanggal 12 Januari 1994.

Pesannya cukup singkat, “Nur Amalia” nama halaman Kampung Media saya kk. Oehhhh ternyata anak itu betul-betul serius ingin bergabung menjadi wara Kampung Media. Ok dah, selamat berkarya di Kampung Media dk, ungkapan selamat saya atas berganungnya menjad warga KM. Ea kk, saya harus belajar banyak kepada kk supaya saya juga mahir dalam membuat berita dan cerita, ungkapnya. Ea dk, nanti kita sama-sama berkarya, saya juga masih belajar ko’, tegas saya.

Hal serupa sering saya lakukan lewat FB, mempromosikan Kampung Media lewat fb juga sering saya lakukan, namun hanya kali ini saya sukses menggaet Lini sehingga dia bergabung menjadi warga Kampung Media. Dengan demikian saya sudah membawa 6 orang menjadi warga Kampung Media, yaitu pengelola KM. Pohgading Timur, KM. Pondok Kerakat, KM. Sajang Bawak Nao, KM. Cangkon, KM. Pasek, dan Nur Amalia dan isnsyallah pada hari-hari berikutnya ada beberapa orang kawan saya yang akan bergabung menjadi warga Kampung Media untuk terus berkreasi bersama kita di KM Lombok Timur pada khsusunya dan Kampung Media NTB pada umumnya. Selain itu lewat promosi yang saya lakukan melalui halaman fb, pembaca Kampung Media dan tulisan-tulisan saya semakin bertambah.

Semoga kedepannya kita semua dapat menggaet anngota baru melalui berbagai cara promosi yang kita bisa. Menggaet anggota baru lewat fb saja bisa apalagi jika kita langsung mengajak kawan-kawan dekat kita yang memiliki motivasi untuk membangun Nusa Tenggara Barat dengan cara menulis dan memasukkan infomasi yang dapat dikonsumsi oleh halayak ramai melalui Kampung Media NTB, amin ya robbalalamin, sekian dan Salam dari Kampung. [] - 05

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

10 KOMENTAR

  1. KM. Sambang Kampung

    KM. Sambang Kampung

    08 Desember, 2014

    Nasionalkan Kampung Media..lewat apa saja...


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      09 Desember, 2014

      setuju pak,,, mari kita bersama-sama menasionalkan dan jika perlu kita buat KM go internasional,,, sebab itulah kita semua harus terus berkarya....


  2. KM Pohgading Timur

    KM Pohgading Timur

    08 Desember, 2014

    Lanjutkan bro, semoga warga KM semakin bertambah, aminnnn


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      09 Desember, 2014

      ok broooo,,,, mari kita terus berkarya di Kampung Media.


  3. Abu Macel

    Abu Macel

    07 Desember, 2014

    Terimakasih telah mempromosikan dan akan makin luar biasa jika si LINI itu menulis info2 sebagaiman hasil promo yang lain. Jangan hanya mendaftar tapi tak pernah mengisinya. teng ki yu bos


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      08 Desember, 2014

      insyallah saya akan memotivasi LINI untuk menulis informasi-informasi yang ia punya di halaman Kampung Media,,, dan terimakasi pula atas motivasi yang pelungguh berikan kepada saya. Semoga KM semakin jaya dan Salam dari Kampung.


  4. KM Kaula

    KM Kaula

    07 Desember, 2014

    gaed terus semua warga supaya mereka menjadi warga kampung media.


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      08 Desember, 2014

      insyallah pak,,, terimakasih dan Salam dari Kampung.


  5. KM. Sajang Bawak Nao

    KM. Sajang Bawak Nao

    06 Desember, 2014

    Dengan banyak sahabat, maka kita jugak akan mendapatkan banyak informasi yang munkin belum kita dapatkan dari kehidupan kita.


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      08 Desember, 2014

      setujuuuuu, untuk itu marilah kita perbanyak sahabat lewat dunia maya dan dunia nyata, lewat Kampung Media dan kampung-kampung lainnya. heheee


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan