logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampung Media di Situs Menpan

Kampung Media di Situs Menpan

Meski terlambat mengunggahnya, namun keterlambatan bukan menjadi alasan untuk tak mengabarkan kiprah kampung media. sebab menjadi kebanggaan jika warga kampung media

Cerita Inspirasi

Dishubkominfo NTB
Oleh Dishubkominfo NTB
28 Juli, 2014 02:12:11
Pengumuman
Komentar: 8
Dibaca: 47143 Kali

Meski terlambat mengunggahnya, namun keterlambatan bukan menjadi alasan untuk tak mengabarkan kiprah kampung media. sebab menjadi kebanggaan jika warga kampung media menyaksikan hasil kerjanya mendapat respon berbagai kalangan dibelahan nusantara. Hingga malam takbiran idul fitri terlihat 418 orang yang membaca artikel yang dituliskan di laman daring menpan.go.di dalam kategori CERITA SUKSES, ini menunjukkan bahwa sejak dinyatakan sebagai 9 top inovasi nasional banyak kalangan menaruh perhatian pada kampung media

Sejak itu pula beberapa birokrat dari berbagai daerah datang mempelajari Kampung Media. Pemerintah Kota Salatiga, tanggal 15 Mei 2014 datang ke NTB dipimpin langsung Walikota Salatiga Yulianto, SE, MM beserta 30 orang yang gerdiri dari pimpinan SKPD dan wartawan. Tanggal 5 Juni 2014 Kepala Bidang SDA Balitbangda Provinsi Banten Doddy Setia Graha berkunjung langsung ke Komunitas Kampung Media Karaya di Kelurahan Pagutan Kota Mataram. 

Dan yang teranyar adalah dua orang staf Badan Diklat Prov DKI yakni Tika dan Lia telah datang pada tanggal 10 Juli untuk menyampaikan rencana 35 orang Peserta Diklat Provinsi DKI yang akan mempelajari Kampung Media pada tanggal 13 Agustus 2014 mendatang. Menurut Tika, info tentang sepak terjang kempung media diperolehnya dari Kementrian PANRB dan oleh pimpinannya diperintah langsung untuk menyusun rencana belajar tentang Kampung Media.

bagaimana selengkapnya Kampung Media dimata Kemenpan? Berikut ulasannya:  

Kampung Media menjadi salah satu inovasi yang masuk ke dalam Top 9 Inovasi pelayanan Publik 2014. Sebelumnya, inovasi dari Nusa Tenggara Barat ini juga meraih penghargaan Universal Sevice Obligation (USO) Award dari Menkominfo RI, serta menjadi materi pengembangan local content media oleh The Australia Indonesia Partnership For Decentralisation (AIPD).

Nama Kampung Media sebagai salah satu Portal penyedia informasi bagi masyarakat NTB sudah dikenal disebagian besar masyarakat Nusa Tenggara Barat, Portal Jurnalisme warga yang bermotto “Sampaikan Kebaikan walau satu kalimat” sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh warga NTB.

Mulai tahun 2014  Kampung Media berubah menjadi Portal Terbuka seperti Kompasiana dan nantinya semua warga bisa menulis untuk menyampaikan informasi tentang NTB. Tentunya dengan membuat akun terlebih dahulu dan setiap tulisan yang menjadi Headline akan dibayar secara profesional oleh Kampung Media.

Kampung Media adalah suatu lembaga sosial masyarakat yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Bermula dari gagasan warga masyarakat NTB untuk membuat program inovasi penyebarluasan informasi berbasis komunitas melalui portal daring (online). Program ini kemudian didukung oleh pemerintah NTB dan diresmikan dengan nama Kampung Media. Program ini berada di bawah binaan Balai Pelayanan Informasi Publik (BPIP) Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika Provinsi NTB. Merupakan Portal Jurnalisme Warga yang seluruh kontennya berasal dari dan dikelola oleh pengguna internet atau lazim disebut User Generated Content.

Kampung media yang berbasis komunitas ini menampung konten yang dapat diunggah oleh setiap orang yang sudah terdaftar sebagai Warga Kampung Media (sebutan bagi pengguna Kampung Media). Mereka diberi kebebasan untuk mengemukakan, mengekspresikan, serta menyampaikan berbagai gagasan, pendapat, ulasan, ataupun tanggapan khususnya terhadap kebijakan dan program pemerintah.

Selain itu, membentuk komunitas Kampung Media di setiap kecamatan hingga Desa/Kelurahan, memberikan pelatihan pada anggota komunitas antara lain pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pelatihan penulisan kreatif pelatihan motivator penggerak pembangunan Desa. Kampung Media juga memfasilitasi pembuatan media laman daring/blog sebagai media penyebarluasan informasi bagi masing--masing Komunitas Kampung Media.

Melalui Program Kampung Media ini dapat memacu percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah melalui kontrol langsung masyarakat secara online. Demikian juga sebaliknya akan terjadi pelayanan informasi yang cepat oleh pemerintah tanpa birokrasi yang berkepanjangan. Masyarakat juga dapat menyalurkan ide, kritik dan gagasan dengan jalur lebih singkat melalui media online. Pemerintah pun lebih mudah menyampaikan informasi yang pantas diketahui dan dibutuhkan masyarakat.

 

Baca Juga :


Kategori Informasi yang ada pada Laman Daring Kampung Media bisa menjadi acuan birokrat untuk menyusun program yang riil dan nyata bersama masyarakat. Ruang pengaduan yang terbuka menjadikan birokrat dengan segera mengambil langkah nyata menyelesaikan persoalan masyarakat dengan lebih cepat. Kampung Media juga menjadi sistem informasi terpadu untuk menampung partisipasi warga terhadap kebijakan pemerintah yang dikerjakan oleh warga, muncul, dari warga, dan untuk kepentingan warga.

Selain terjadi peningkatan pemahaman masyarakat terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diwujudkan dengan memiliki Laman Daring/blog Di Internet, dari tahun 2009 – 2013 terbentuk 50 komunitas Kampung Media yang tersebar di setiap kecamatan.

Peningkatan kemampuan masyarakat dari budaya bertutur menjadi budaya menulis dengan menuturkan informasi secara tertulis pada Laman Daring/blog yang dimiliki masing-masing Komunitas Kampung Media.

Memperkaya pengetahuan masyarakat sebagai motivator penggerak pembangunan dan menjadi penghubung antar masyarakat dengan pemerintah. Informasi yang disebarluaskan melalui media online dapat diakses setiap saat sesuai dengan kebutuhan.

Masyarakat dan Pemerintah Dapat melakukan interaksi Tanya jawab secara langsung melalui fasilitas yang ada pada media online tanpa terkendala jarak dan waktu. Masyarakat dapat memberikan saran dan kritik serta pengaduan kepada Pemerintah Sehingga dapat dilayani dengan cepat.

Komunitas Kampung Media juga berfungsi menginisiasi Pencegahan Korupsi melalui koordinasi, monitoring dan pendampingan masyarakat, dapat melakukan koordinasi secara terbuka, dengan instansi pemerintah tujuan program, monitoring dapat dilaporkan langsung secara tertulis oleh masyarakat langsung atau melalui Komunitas Kampung Media dengan menuliskannya pada portal kampong media. Dengan adanya informasi yang terbuka kepada publik mulai dari perencanaan, implementasi hingga penyelesaian dapat mengurangi terjadinya peluang korupsi.

Kampung Media juga mempercepat pelayanan kepada masyarakat minimal melalui informasi, menangkal birokrasi yang berbelit, meningkatkan kapasitas birokrat pada setiap jenjang, menumbuhkan rasa malu bagi para pemangku amanah di jajaran birokrasi sehingga lahir birokrat yang punya integritas dan cerdas. [] 

sumber menpan.go.id



 

Artikel Terkait

8 KOMENTAR

  1. Pangkat Ali

    Pangkat Ali

    29 Mei, 2017

    Pak Admin Yth.....sy tdk bisa lokout di akun sy. Sblumnya jika masuk & menaruh krusor di atas photo, akan muncul salah satu menu Lok Out. Skr tdk muncul, tlg sy pak Admin. Lalu Pangkat Ali


    1. kaktuan

      kaktuan

      29 Mei, 2017

      Silak pelungguh coba nike miq: 1. Bersihkan riwayat & cache peramban / browser 2. Refresh / Muat Ulang Laman hingga betul-betul selesai loading. Salam


  2. Pangkat Ali

    Pangkat Ali

    09 Januari, 2017

    Sekarang Dishubkominfo sudah pisah. Ada OPD baru menjadi Kominfo dan Statistik....lalu KM di bawah naungan siapa?


  • lia hyda KM. CAKRANEGARA

    lia hyda KM. CAKRANEGARA

    10 September, 2014

    bgaimana cara bergabung dikampung media kecamatan?


    1. fairuz abadi

      fairuz abadi

      10 September, 2014

      Terimakasih telah bergabung menjadi warga kampung media. Untuk bergabung di kecamatan mohon agar ditampilkan nomor kontak dibawah foto profil agar mudah dihubungi oleh teman2 dari warga kampung media di kecamatan terdekat. terimakasih


  • Ahmad Jumaili

    Ahmad Jumaili

    01 September, 2014

    Semangat terus


  • KM. Sambang Kampung

    KM. Sambang Kampung

    29 Juli, 2014

    oleh sebab itu tingkatkan perhatian utk kampung media...mari kita terus memberikan yang terbaik di Kampung Media...


  • KM Kaula

    KM Kaula

    28 Juli, 2014

    kampung media merupakan jalur pintas mempertemukan antara pemerintah dan masyarakat paling bawah. dan kedepan kampung media akan menjadi media sosialnya warga NTB pada khususnya dan nusantara bahkan dunia pada umumnya, menggantikan facebook yang selalu menyediakan informasi khusus dewasa. kalau kampung media dijamin tidak ada yang negatif.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan