logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pengusaha Bibit Ikan

Pengusaha Bibit Ikan

Bidang Perikanan terbukti memberikan peluang usaha yang cukup besar, setidaknya itu yang dialami oleh Safarudin Warga Dusun Trag-tag Desa Batu Kumbung

Cerita Inspirasi

KM. Lingsar
Oleh KM. Lingsar
17 Juli, 2014 16:43:44
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 6053 Kali

Bidang Perikanan terbukti memberikan peluang usaha yang cukup besar, setidaknya itu yang dialami oleh Safarudin Warga Dusun Tragtag Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar, usaha pembudidayaan ikan air tawar yang ia geluti merupakan usaha turunan dari Orang Tuanya, dulunya membudidayakan ikan jenis Lele namun sekarang beralih ke usaha pembibitan ikan Karper.

Dulunya hanya memiliki satu kolam untuk Pembudidayaan ikan Lele akan tetapi sekarang sudah berkembang dan mempunyai 4 kolam ikan, namun agak sedikit berbeda dengan apa yang dilakukan orang tuanya, bedanya sekarang Safarudin mengembangkan usaha Bibit Ikan ketimbang membudidayakan ikan untuk konsumsi, menurutnya usaha pembibitan lebih mengutungkan dari segi waktu artinya perputaran modal lebih cepat.

Berawal dari sulitnya mencari Bibit ikan di sekitar tempatnya karena kebanyakan pembudidaya ikan disana hanya budidaya ikan untuk konsumsi saja oleh sebab itu Ia mengambil inisiataif untuk mengembangkan usaha Bibit ikan saja, untuk pertama kali bibit ikan dibeli dari luar Desanya kemudian setelah beberapa hari saja tidak sampai satu bulan ada permintaan untuk membeli bibit ikan mikiknya dan Bibit ikan pun laku, keuntungannya pun cukup menggiurkan oleh karena itu usaha pembibitan ikan diteruskan sampai sekarang.

Tanpa sungkan Safarudin menjelaskan tentang keputusannya memilih usaha pembibitan, “biasanya kalau membeli bibit sebesar jari kelingking perekornya 100 rupiah dalam jangka waktu 4 sampai 5 hari sudah bisa kita jual 200 sampai 250 Rupiah per ekornya, bandingkan dengan memelihara ikan untuk konsumsi butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit walaupun keuntungannya juga lumayan banyak namun cukup repotlah”.

Pria tamatan Pondok Pesantren ini menjual bibit ikan Karper berbagai ukuran mulai dari seukuran jari kelingking sampai seukuran Telapak Tangan Anak dan harganya pun bervariasi dan bisa Nego, untuk memasarkannya tak perlu jauh-jauh karena warga yang ada di dusun Trag-tag sebagian besar adalah pembudidaya ikan dan mereka pun membeli Bibit dari Safarudin karena menurut warga yang diungkapkan olehnya bahwa membeli Bibit di tempatnya lebih cepat dan harganya juga sama dan bisa bayar belakangan.

 

Baca Juga :


Walaupun sudah lama menggeluti pembudidayaan bibit ikan namun Bapak 3 anak ini enggan untuk membudidayakan Ikan untuk konsumsi lagi dikarenakan kesibukannya yang lain disamping menjadi Penghulu Ia juga mengajar di salah satu Sekolah Dasar. []-01

 



 
KM. Lingsar

KM. Lingsar

Desa Duman, Lingsar - Lombok Barat http://www.dumannis.blogspot.com ihromil islam, okta hadi, siswadi, anjaswadi No Hp. 081917920272

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan