logoblog

Cari

Mencari Rumput Laut untuk Biayai Sekolah

Mencari Rumput Laut untuk Biayai Sekolah

KM Sambang Kampung- Berbagai cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mencari penghasilan. Caranyapun berbeda-beda ada yang  mencari ronsokan, ada yang berjualan

Cerita Inspirasi

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
14 Maret, 2014 08:42:15
Cerita Inspirasi
Komentar: 0
Dibaca: 15946 Kali

KM Sambang Kampung- Berbagai cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mencari penghasilan. Caranyapun berbeda-beda ada yang  mencari rongsokan, ada yang berjualan atau kaki lima bahkan ada juga yang mengandalkan alam sebagai sumber penghasilannya. Alam telah menyediakan berbagai macam potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempertahankan hidupnya. Rumput laut banyak sekali tumbuh di Pantai Lengkongkok yang terdapat di Labuhan Haji, hal inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilan mereka salah satunya adalah Rohani (43) wanita berasal dari Desa Surya Wangi.

Setiap hari Rohani ke pantai untuk mencari rumput laut yang akan dipergunakan untuk membuat agar-agar. Rumput laut kering dia jual dengan harga Rp 1.800 per-kilogram, hasilnyapun lumayan. Rohani  mencari rumput laut saat air laut surut, dia sudah mengetahui air laut surut apakah pagi atau sore hari. Bersama beberapa orang temannya dia beradu cepat untuk memperoleh rumput laut yang tumbuh dibebatuan.

Menurut Rohani “ setiap hari saya datang untuk mencari rumput laut yang nantinya akan dijual di tengkulak, sebelum dijual rumput laut ini dibersihkan terlebih dahulu kemudian dijemur. Hasil penjualan rumput laut ini dipergunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan untuk membiayai anak-anak yang sekarang bersekolah di SMA”.

Semangat Rohani untuk membiayai anaknya sampai perguruan tinggi sangat besar, bahkan dia menabung untuk mempersiapkan biaya kuliah anaknya. Selain hasil kerja suaminya sebagai tukang bangunan dia juga terus berupaya untuk membantu mencari uang tambahan bagi keluarganya dengan mencari rumput laut. Setiap harinya Rohani bisa mendapatkan 50 kg rumput laut basah yang nantinya kalau dikeringkan selama tiga hari jika matahari terang akan menjadi 15 kg.

 

Baca Juga :


Harapan Rohani untuk menjadikan anak-anaknya sebagai Sarjana merupakan cara untuk merubah kondisi ekonomian keluarga. Rohani ingin melihat masa depan anak-anaknya lebih baik lagi dari keadaan sekarang ini, dia berharap setelah tamat SMA ini anaknya lulus di perguruan tinggi negeri terutama di Universitas Mataram. Semoga harapan mulia dari Rohani ini dapat terwujud. (Uyik) - (01)



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan